Konseling Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dengan Terapi Istigfar: Mampukah Mengurangi Kecemasan?
Abstract
Pola pengasuhan orang tua memiliki dampak yang signifikan terhadap pembentukan kesehatan mental anak. Pola pengasuhan yang baik berkontribusi pada kesehatan mental positif, sementara pola asuh yang kurang baik dapat meningkatkan risiko gangguan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas Konseling Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dengan menggunakan terapi istigfar sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kecemasan. Jenis penelitian ini menggunakan desain kuantitatif pre-eksperimental dengan one group pretest posttest design, melibatkan 3 siswa dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria kecemasan tinggi dan beragama Islam. Instrumen penelitian menggunakan skala kecemasan adaptasi dari teori Holmes (1991) dengan 33 item dan reliabilitas (.874). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling CBT menggunakan terapi istigfar efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan akibat pola asuh ketat orang tua (p = .002; p<.05).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, N. S., Hussain, Z., Abd Hamid, H. S., & Khairani, A. Z. (2021). Roles of social media and counselling support in reducing anxiety among Malaysian during Covid-19 pandemic. International journal of disaster risk reduction : IJDRR, 63, 102456. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2021.102456
Antonius, A.G. (2013). Psychological Disorder Perilaku Abnormal : Mitos Dan Kenyataan. Jurnal Psikologi, 4(1), 692-704.
American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders(5thed). USA: American Psychiatric Publishing. https://doi.org/10.1176/appi.books.9780890425596
Abidin, Z., (2016). Bila Kecemasan Mendera Tugas Konseling Mencari Solusinya. Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10(2), 323-341.
Aizid, R. (2015). Melawan stress dan depresi. Yogyakarta: Saufa.
Angelina, D. Y. & Matulessy, A. (2013). Pola Asuh Otoriter, Kontrol Diri dan Perilaku Seks Bebas Remaja SMK. Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 173-182.
Aini, D. K. (2019). Penerapan Cognitive Behavioral Therapy dalam mengembangkan kepribadian remaja di panti asuhan. Jurnal Ilmu Dakwah, 39(1), 70-79.
Aten, J. D., McMinn, M. R., & Worthington, E. L., Jr. (2011). Spiritually Oriented Interventions For Counseling And Psychotherapy. American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/12313-000
Colmone, S., & Greenberg, K. (2017). Parental Influence: Potential Long-Term Effects Of Strict Parenting. Rettrieved from https://www.google.com /url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ah UKEwiIhKDyooH_AhWP3TgGHcrhDfEQFnoECBcQAQ&url=https%3A% 2F%2Fdspace.sunyconnect.suny.edu%2Fhandle%2F1951%2F69323&usg=A OvVaw23L5CD9NjZyF2RN_QuLAEl
Damayanti, R., & Nurjannah, P. A. (2016). Pengaruh Konseling Kognitif Perilaku Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Harga Diri Peserta Didik Kelas VIII di MTs. N 2 Bandar Lampung. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 219-232.
Dewi, N., & Susilawati, L. (2016). Hubungan Antara Kecenderungan Pola Asuh Otoriter (Authoritarian Parenting Style) Dengan Gejala Perilaku Agresif Pada Remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 108-116.
Dickson, S. J., Kuhnert, R. L., Lavell, C. H., & Rapee, R. M. (2022). Impact of Psychotherapy for Children and Adolescents with Anxiety Disorders on Global and Domain-Specific Functioning: A Systematic Review and Meta-analysis. Clinical child and family psychology review, 25(4), 720–736. https://doi.org/10.1007/s10567-022-00402-7
Diferiansyah, O., Septa T., & Lisiswanti R. (2016). Gangguan Cemas Menyeluruh. Jurnal Medula Unila, 5(1), 63-68. Retrieved from https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/medula/article/view/1510
Eliason, G. T., Hanley, C., & Leventis, M. (2001). The Role Of Spirituality In Counseling: Four Theoretical Orientations. Pastoral Psychology, 50(2), 77–91. https://doi.org/10.1023/A:1012262314487
Gladding, S. T. & Crockett, J. E. (2019). Religious And Spiritual Issues In Counseling And Therapy: Overcoming Clinical Barriers. Journal Of Spirituality In Mental Health, 21(1), 152-161. https://doi.org/10.1080/19349637.2018.1476947
Harney, C., Johnson, J., Bailes, F., & Havelka, J. (2023). Is Music Listening An Effective Intervention For Reducing Anxiety? A Systematic Review And Meta-Analysis Of Controlled Studies. Musicae Scientiae, 27(2), 278-298. https://doi.org/10.1177/10298649211046979
Holmes, D. S. (1991). Abnormal Psychology. New York: Harper Collins Publisher. Inc.
Inikah, S. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Kecemasan Komunikasi Terhadap Kepribadian Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 19-40.
Kemenkes. (2021). Kemenkes Beberkan Masalah Permasalahan Kesehatan Jiwa di Indonesia. Jakarta: Kemenkes. Retrieved from https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20211007/1338675/kemenkes-beberkan-masalah-permasalahan-kesehatan-jiwa-di-indonesia/
Kumbara, H., Metra, Y., & Ilham, Z. (2018). Analisis Tingkat Kecemasan (Anxiety) Dalam Menghadapi Pertandingan Atlet Sepak Bola Kabupaten Banyuasin. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 28-35.
Lestari, R., & Astuti, B. (2021). The Effectiveness of Solution-Focused Brief Therapy to Reduce Generation Z Anxiety in the Age of Disruption. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 6(3), 96-104. http://dx.doi.org/10.17977/um001v6i32021p096-104
Lianawati, A,. (2017). Implementasi Keterampilan Konseling Dalam Layanan Konseling Individual. Jambore Konselor 3(1), 85-92.
Morgan, A. J., Chittleborough, P., & Jorm, A. F. (2016). Self-Help Strategies For Sub-Threshold Anxiety: A Delphi Consensus Study To Find Messages Suitable For Population-Wide Promotion. Journal of affective disorders, 206, 68–76. https://doi.org/10.1016/j.jad.2016.07.024
Mufid, A. (2020). Moral And Spiritual Aspects In Counseling: Recent Development In The West. Journal of Advanced Guidance and Counseling, 1(1), 1-22. https://doi.org/10.21580/jagc.2020.1.1.5696
Mukholil. (2018). Kecemasan Dalam Proses Belajar. Jurnal Eksponen, 8(1), 2- 8.
Muftisany, H. (2021). Istighfar. Jakarta: INTERA.
Nurjannah & Hidayahna, S., (2022). Teknik Cognitive Restructuring (TCR) Hingga Cognitive Restructuring Dalam Pandangan Islam. Jurnal At- Taujih, 5(1), 59-67.
Nugrahati, D., Uyun, Q., & Nugraha S. P. (2018). Pengaruh terapi taubat dan istigfar dalam menurunkan kecemasan mahasiswa. Jurnal Intervensi Psikologi, 10(1), 33-42.
Prabandari, D., Sukarja, I.M., & Maryati, N.L., (2015). Pengaruh Cognitive Behavioral Therapy (CBT) terhadap Post-Traumatic Stress Disorders (PTSD) Pada pasien post kecelakaan lalu lintas di RSUP Sanglah Denpasar. COPING NERS (Community of Publishing in Nursing), 3(2), 22-26.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Rahman, I.K., & Sa’adah, F.M., (2015). Konsep Bimbingan Dan Konseling Cognitive Behavior Therapy (CBT) Dengan Pendekatan Islam Untuk Meningkatkan Sikap Alturisme Siswa. Jurnal Hisbah, 12(2), 49-59.
Syaikh, I., A. (2015). Fikih Istigfar. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Saswono, R., P. & Wu, B. (2021). Perancangan Buku Cerita Billie’s New Friend Sebagai Media Untuk Mengatasi Anxiety Bagi Anak SD. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 5(2), 114-120. Doi: https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v5i2.700 .
Sartika, E. (2020). Redukasi Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Melalui Islamic Brief Counseling Pada Siswa. Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan dan Bimbingan Masyarakat Islam, 3(2), 81-92.
Tridhonanto, A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Wood, D. (2017). Kiat Mengatasi Gangguan Belajar. Yogyakarta: Ar- ruzz Media.
Yudiarso, A. & Prajogo, S. L. (2021). Metaanalisis Efektivitas Acceptance And Commitment Therapy Untuk Menangani Gangguan Kecemasan Umum. Psikologika, 26(1), 85-100.
DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v15i2.1143
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sholihun Nihayah, Abi Fa'izzarahman Prabawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.