Implementasi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam di Era Disrupsi (Studi Kasus MAN Insan Cendekia Halmahera Barat)

Gamal Marinyo

Abstract


Tujuan penelitian ini berfokus pada strategi kepala madrasah dalam pengelolaanlembaga pendidikan Islam dan implikasi pengelolaan lembaga pendidikan Islam di era disrupsi pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Halmahera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, guru, dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Halmahera Barat. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Teknik analisa data yang digunakan adalah display data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabasahan data adalah triangulasi, sumber, teknik dan waktu. Temuan dalam penelitian ini adalah. 1) Strategi Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Halmahera Barat di Era Disrupsi. a. Rekrutmen sesuai kualifikasi guru dan tenaga kependidikan, b. Peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan dengan MGMP Mandiri, dan pelatihan penggunaan teknologi, c. Memberikan fasilitas yang memadai untuk guru dan tenaga kependidikan. d. Kepala madrasah melakukan monitoring yang terencana maupun secara mendadak. 2) Implikasi yang di dapatkan dari Madrasah Aliyah Negeri Insan cendekia Halmahera Barat. a. Terlihat dengan peningkatan professional para guru dan tenaga kependidikan, b. Sarana dan pra sarana yang memadai, dapat meningkatkan profesionalisme guru dan staf diantaranya diberikan perumahan guru dan fasilitas mengajar yang berbasis teknologi. c. Capaian lulusan di Madrasah ini yang mencapai 100%. Karena dengan sistem rekrutmen siswa yang basis online serta dengan program, akademik study kolaboartif, seminar karya tulis ilmiah, dan keagamaan hal ini membuat sejumlah siswa mendapatkan prestasi terbaik. d. Lulusannya banyak masuk di dunia kerja, birokrasi, dan kampus ternama di Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Adhi Kusumaastuti Dan Sukarno, Metode Penelitian Kualitatif (Semarang : LPSP, 2019). Ahmad Taofik, Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia, Indonesian Journal Of Adult And Community Education,Vol 2, No 2 (2020) Amka, Manajemen Pendidikan Khusus (Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2020), 2. Bashori, Paradigma Baru Pendidikan Islam : Konsep Pendidikan Hadhari, Jurnal Penelitian, Vol 11, No 1 (2017)‟ Hernik Khoirun Nisak, Fungsi Manajemen Dalam Pendidikan Islam, Jurnal Paradigma, Volume 8, Nomor 1, November (2019)‟ Ibrahim Bafadhol, Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia, Pendidikan Islam,Vol 6, No 11 (2017)‟ Lukman Hakim, Dan Mukhtar, Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan, (Jambi: Timur Laut Aksara, 2018) Mawardi Pewangi, Tantangan Pendidikan Islam Di Era Globalisasi, Jurnal Tarbawi, Volume 1 No 1 1 (2016)‟Mohammad Thoha, Manajemen Pendidikan Islam Konseptual Dan Operasional, (Surabaya: Pustaka Radja, 2016) Munardji, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam (Jakarta : Alim‟s Publishing, 2019) Muwahid Shulha Dan Soim, Manajemen Pendidikan Islam : Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam ( Yogyakarta: Penerbit Teras, 2013) Nandang Solihin, Pendidikan Agama Islam Di Era Disrupsi. Jurnal Mathlaul Fattah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, Vol 11 No 1 (2020) Sahdu Siyoyo Dan Ali Sodik, Metodologi Penelitian (Sleman: Literasi Media Publishing, 2015) Salim Dan Syahrum, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Citapustaka Media, 2012) Samsu, Metode Penelitian: Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development, (Jambi: Pusaka, 2017) Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Cetakan 19 (Bandung : Alfabeta, 2013) Suhadi Winoto, Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan, (Yogyakarta: Bildung, 2020) Suharto, Eat Al, Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0 (Depok : Komojoyo Press, 2019) Suwartono, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian (Yogyakarta : CV Andi Offset, 2014) Syamsul Maarif, et al, Manajeme Lembaga Pendidikan Islam (Surabaya : IAIN Sunan Apel, 2013) Tedi Priatna, Disrupsi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dunia Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0 (Bandung: Pusat Penelitian Dan Penerbitan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2019) Weni Puspita, Pentingnya Analisis Lingkungan Internal Bagi Pencapaian Tujuan Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal Of Islamic Education Management, Vol 2 No 2 (2016) Zaenal Abidin, Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Pendidikan Islam : Paradigma, Berpikir Dan Kesisteman, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Vol 1 No 2 (2020) Zaprulkhan, Prolog : A Literate Civilization, A Literate Nation, Literasi Di Era Disrupsi, (Malang: Media Nusa Creative, 2019) Wawancara dengan Kamran S Karim, guru Fiqih Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Halmahera Barat, tanggal (07/4/2022) Wawancara dengan M. Zaimunir., SPd., M.Si, Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Halmahera Barat, (06/04/2022). Wawancara dengan Ulandari Saibi, S.Pd, wakil kepala kurikulum Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Halbar tanggal (30/03/2022) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v14i2.934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Gamal Marinyo

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman  
Published by Faculty of Educatioan and Teacher Training, IAIN Ternate, North Maluku, Indonesia