Perkembangan Kebutuhan Terhadap Penggunaan Media Pelajaran

Adiyana Adam

Abstract


Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, dan  media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal.

Fungsi media dalam pembelajaran secara rinci adalah Memperjelas penyajian materi (pesan) dalam bentuk visualisasi yang jelas sehingga pesan tidak terlalu bersifat verbalistis. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera. Menjadikan pengalaman manusia dari abstrak menjadi kongkret Memberikan stimulus dan rangsangan kepada siswa untuk belajar secara aktif. Dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar.

Untuk tujuan informasi, media pembelajaran dapat digunakan dalam rangka penyajian informasi dihadapan sekelompok siswa. Isi dan bentuk penyajian bersifat amat umum, berfungsi sebagai pengantar, ringkasan laporan, atau pengetahuan latar belakang. Penyajian dapat pula berbentuk hiburan, drama, atau teknik motivasi. Ketika mendengar atau menonton bahan informasi, para siswa bersifat pasif. Partisipasi yang diharapkan dari siswa hanya terbatas pada persetujuan atau ketidaksetujuan mereka secara mental, atau terbatas pada perasaan tidak/kurang senang, netral, atau senang.


Keywords


Perkembangan Kebutuhan Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada ) 2003

Asnawir dan Basyiruddin Usman. Media Pembelajaran (Jakarta: Ciputat Pers). 2002

Djamarah Bahri Syaiful dan Aswan Zain.. Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: PT Rineka Cipta) 2006

Rustina Sundayana, Media Pembelajaran Matematika untuk guru, calon guru, orangtua, dan para pecinta matematika. (Bandung : ALFABETA) 2013

Sadiman S. Arief, dkk.. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatannya. ( Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.) 1984

Sumiati, dkk. Metode Pembelajaran. (Bandung : CV Wahana Prima ), 2009

Sanjaya, Wina . Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group ) 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v8i1.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FORAMADIAHI

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman  
Published by Faculty of Educatioan and Teacher Training, IAIN Ternate, North Maluku, Indonesia