PENERAPAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGATASI STRES SISWA DI SEKOLAH

SURYANI Hi.Umar, Hermida Hermida

Abstract


ABSTRAK: Stres merupakan salah satu masalah yang berhubungan dengan gangguan psikologis, dan penyebab gangguan psikologis sering dijumpai oleh siapa saja tanpa mengetahui atau melihat status sosial ekonomi seseorang. Orang yang sering menjalani aktivitas tinggi, sebagai pekerja, bahkan tidak memiliki pekerjaanpun sering mengalami stres tinggi. Begitu pula dengan orang yang menekuni pendidikan, terutama para siswa. Siswa yang mengalami stres psikologis mengakibatkan stres yang disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya ingin bersaing untuk meraih prestasi, harapan orang tua atau menghadapi tugas yang sangat berat. Untuk mengatasi gangguan stres siswa, penerapan kecerdasan emosi harus diberikan kepada siswa sedini mungkin, sehingga siswa diharapkan untuk
dapat mengatur dan mengendalikan emosinya saat menghadapi masalah psikologis yang mengganggu, setidaknya adalah mengurangi tekanan psikologis yang mengarah pada tingkat stres yang parah.


Keywords


Kecerdasan emosional, stres siswa

Full Text:

PDF

References


Daughatry, Donald & Kunkel, A. Mark. 1993.Experience of depression in college student : A. concept map. Juornal Of Cousling Psyho/ogv40 (3) : 316.

Elias, J. Murice & Tobias, E. Steven. 1999. Cara-cara efektif mengasuh anak dengan EQ. Terjemahan oleh M. Jauharul Fuad. Banduing : Kaifa.

Goleman, Daniel. 1995. Emotional Intelligence : Why it can matter more than IQ. New York : A Bantam Book.

Gottam, Jhon. & Decliire, Joan. 1997. Kiat-kiat membesarkan anak yang memiliki kecerdasan emosional. Terjemahan Oleh T. Hermaya. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Matotta, A. Sylvia. 2000. Best Practice For counselor who treat postraumatic stress disorder. Juornal of Counseling and development. 78 (4) : 492-495.

Rogers, Tim. & Graham, Fiona. 1999. Responding to stres. Terjemahan oleh Kunnandar. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Segal, Jeanne. 1997. Melijitkasn kepekaan emosional. Terjemahan oleh : Ari Nilandaeri.

Bandung : Kaifa.

Shapiro, E. Lawrence. 1977. Mengajarkan emotional Intelegence pada anak Terjemahan oleh Alex Tri Kantjono. Jakatra : Gramedia Pustaka Utama.

Sommer, Bobbe & Falstaein. Mark. 1993. Psikosibernetika 2000. Terjemakan oleh Haris Munandar. Jakarta : Mitra Utama.

Stainback, William, & Stainback, Susan 1999. Bagaimana membantu anak anda berhasil di

sekolah. Yogjakarta : Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v10i2.119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FORAMADIAHI

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman  
Published by Faculty of Educatioan and Teacher Training, IAIN Ternate, North Maluku, Indonesia