Implemetasikan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Komunitas Keluarga Mualaf Tobelo Kabupaten Halmahera Utara

Khalid Hasan Minabari, Safri Miradj, Rusdi Naemuddin, Zaitun A Rachim

Abstract


Berbicara tentang Pendidikan Islam tentunya tidak lepas dari bagaimana pencapaian pendidikan untuk memajukan Islam dan mencapai cita-cita masyarakat Islam secara umumnya yaitu “Rahmatan lil ‘alamin”. Berbagai asumsi pendidikan telah dipilih dan di adopsi oleh seseorang, sekelompok orang, atau lembaga pendidikan akan berfungsi memberikan dasar rujukan konseptual dalam rangka pendidikan yang dilaksanakannya. Secara umum, dapat dikatakan bahwa falsafah pendidikan adalah memberikan dasar pijakan atau titik tolak bagi seseorang, sekelompok orang atau lembaga dalam rangka pembinaan keluarga berdasakan pada nilai-nilai Islam. Penelitian ini mencoba melihat aspek nilai-nilai dalam pendidikan islam yang yang ditanamkan pada komunitas mualaf ini dalam mendidik anak-anaknya. Dari latar belakang yang dikemukakan, maka peneliti dapat merumuskan permasalahanya dalam penelitian ini sebagai berikut:Bagaimana uapaya mengimplementasikan nilai-nilai Pendidikan islam dalampada komunitas mualaf tobelo? Upaya yang dilakukan oleh kementerian agama Halmahera Utara dalam menananmkan Pendidikan islam dalam keluarga mualaf untuk membentuk keluarga ?. Jenis pendekatan studi kasus ini merupakan jenis pendekatan yangdigunakan untuk menyelidiki dan memahami sebuah kejadian atau masalah yang telahterjadi dengan mengumpulkan berbagai macam informasi yang kemudian diolah untukmendapatkan sebuah solusi agar masalah yang diungkap dapat terselesaikan.Lokasi yang akan menjadi tempat penelitian yaitu Tobelo Kabupaten Halmahera Utara Penelitian ini di rencanakan dilaksanakan pada bulan Maret  sampai Juni 2023. Lokasi yang penelitian ini dipilih karena berdekatan dengan tempetat tinggal peneliti, sehingga mempermudah peneliti dalam pengambilan data. Penerpan pendidikanAgamapadakeluargamualafdiTobelo – Kab. Halmahera Utara, orang tua mualaf mengajarkan pendidikanagama terutama dalam hal ibadah, dengan cara mengajak shalat berjamaa‟ahbersamamembimbinganak-anakuntukshalatberjama‟ahdimasjidmenyekolahkan anak ke Lembaga Pendidikan Islam, mendatangkan guru mengaji kerumah, sertamengajikananak-anak ke TPQ.Orangtuamualafmendidikanakmenggunakan metodeketeladanan, pembiasaan, nasehat, reward (penghargaan) dan hukuman.


Full Text:

PDF

References


Abdullah Muhammad Abdul Mu’thi, Kaifa Takunu Aban Najihan: H{alaqat Tarbawiyyah Hadifah, terj. Khairun Naim, Kiat-kiat Menjadi Ayah Yang Berhasil (Cet. I; Jakarta: Qisthi Press, 2004

Abuddin Nata. 2004. Metodologi Studi Islam.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada 2004: Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada 2004

Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam(Cet.V; Jakarta: Al-Ma’arif, 1989

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI., Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Cet.II; Balai Pustaka, 1989

Fuad Mohd. Fachruddin, Masalah Anak dalam Hukum Islam: Anak kandung, Anak Tiri, Anak Angkat, dan Anak Zina, (Cet. II; Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1991

H. Abdul Qadir Djaelani, Keluarga Sakinah, (Cet. I; Surabaya: Bina Ilmu Offset, 1995

H. Basri Iba Asghary, Solusi Al-Qur-an Tentang Problem Sosial, Politik, Budaya,(cet.1; Jakarta: Rineka Cipta, 1994

Hamid, Abdul. 2016. “Metode Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 17 Kota Palu.” Ta’lim Vol.14 No.2.

Hammudah ‘Abd Al ‘Ati, The Family Structure In Islam, Alih Bahasa, Anshari Thayib, dengan judul: keluarga Muslim, (Cet. I; Surabaya: Bina Ilmu, 1984

Hammudah Abd Al ‘Ati, The Family Structure In Islam, Ahli Bahasa, Anshari Thayib, “Keluarga Muslim”, (Cet. I; Surabaya: Bina Ilmu, 1984

Ibrahim Muhammad Al-Jamal, Fiqhul Mar’atil Muslimah, Alih Bahasa: Zaid Husein Alhamid dengan judul “Fiqih Muslimah: ibadat-Muamalat” Husain Abdullah Biil Faqih (Penyunting) (Cet. I; Jakarta: Pustaka Amani, 1994

Kaelany HD, Islam dan Aspek-Aspek Kemasyarakatan, (Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 1992

Kata famili berasal dari Bahasa Belanda/inggris yang sudah di indonesiakan

M. Natsir, Fighud Da’wah, (cet IX; Solo: Ramadhani, 1991

Mahmud Al-Shabbagh, Al-Sa’dah Al-Jawjiyyah Fi Al-Islam, Alih Bahasa: Bahruddin Fanani dengan judul: “Tuntunan keluarga bahagia menurut islam”, Ahmad Muhajir (editor), (Cet. III, Bandung: Rosdakarya, 1994

Mazhahiri H {usain, Tarbiyah al-T ifl fi al-Ru’yah al-Islamiyyah, terj. Segaf Abdillah Assegaf, Pintar Mendidik Anak, Panduan Lengkap Bagi Orang Tua, Guru dan Masyarakat Berdasarkan Ajaran Islam (Cet. II; Jakarta: Lentera, 1999

Ramayulis, dalam: Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam, Jurnal AL-HIKMAH Vol 1, No 2 2019. hal, 139.

Retno S. Satmoko, Materi Pokok Pengantar Pendidikan. Modul 1-6 Penyetaraan D-III, (Dirjen Binbaga Islam dan Universitas Terbuka, 1994/1995

Setyaningsih, R & Subiyanto. 2017. “Kebijakan Internalisasi Nilai-Nilai Islam dan Membentuk Kultur Religious Mahasiswa.” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Vol. 12, No. 1, hak: 57-85

Zakiah Daradjat dan Zaini Muchtarom, (editor), Islam Untuk Disiplin Ilmu Pendidikan: Buku Daras Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum, (Cet. I; Jakarta: Bulan Bintang, 198




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v15i2.1052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khalid Hasan Minabari

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman  
Published by Faculty of Educatioan and Teacher Training, IAIN Ternate, North Maluku, Indonesia