Pentingnya Mengkaji Filsafat Pendidikan Islam Dalam Upaya Mengembangkan Pendidikan Islam Masyarakat Madani

Farhandika Ilham Prasetyo, Elly Rahmah Yanti, M.Yunus Abu Bakar

Abstract


Adapun penelitian ini bertujuan untuk pentingnya mengkaji filsafat pendidikan islam bagi masyarakat madani yang mana telah dilakukan sebuha penelitian yang di dukung dari berbagai faktor. Hal yang melatar belakangi permasalahan ini ialah Tantangan globalisasi semakin mengguncang tatanan sosial masyarakat. Hal ini bisa menjadi ancaman nyata bagi bangsa jika dibiarkan mengalir terus menerus tanpa upaya yang berarti. Berbagai masalah muncul, antara lain kebobrokan moral, kebobrokan moral, bahkan disintegrasi bangsa. Ini membutuhkan revolusi dalam sistem sosial masyarakat. Civil society sebagai istilah lama yang kemudian disebut sebagai “Islam” dengan kata “civil society” menjadi penting untuk menyarankan perubahan. Masyarakat sipil adalah bentuk masyarakat ideal yang dicita-citakan semua bangsa. Membangun masyarakat madani membutuhkan berbagai material yang kuat dan tahan lama dengan landasan agama. Kunci bangunan itu adalah pendidikan Islam. Pendidikan Islam berusaha untuk menciptakan generasi muslim yang unggul yang bersatu dalam masyarakat yang religius, bermoral, berkualitas dan kreatif dalam membangun peradaban. Oleh sebab itu, dalam artikel ini kami akan memaparkan lebih jelas terkait filsafat pendidikan Islam dan masyarakat madani itu sendiri. Dalam penelitian ini kami memakai metode kepustakaan atau library resarch yang kualitatif agar mendapatkan hasil yang relatif dan jelas dengan informasi yang rinci serta analisa berbagai studi kepustakaan. Hasil penelitian ini kami rangkum dari pakar,metode,dan lain sebagainya sehingga memungkinkan penelitian kami bisa memberikan hasil yang sebaik mungkin,karena mengkaji filsafat pendidikan islam harus mendalami dari dasar nya sehingga tidak ada kesalah pahaman. Manfaat penelitian ini tidaklah lain ialah upaya dalam pengembangan khususnya masyarakat madani agar mereka bisa memiliki bekal dalam bersaing serta berfikir terkait filsafat pendidikan islam dan bisa juga masyarakat madani mau mengembangkan filsafat pendidikan Islam yang mana lebih baik lagi dari kami maupun para pendahulunya. Kata kunci: Masyarakat Madani, Pendidikan Islam, Filsafat Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Bakar, Yunus Abu. 2014. “Filsafat Pendidikan Islam.” Inspiratif Pendidikan 6(2):269.

Basri, Hasan. 2006. “Urgensi Dan Fungsi Filsafat Pendidikan Islam.” Empirisma 15(1):1–11.

Charis, Irfan, and Mohamad Nuryansah. 2015. “Pendidikan Islam Dalam Masyarakat Madani Indonesia.” MUDARRISA: Journal of Islamic Education 5(2):229. doi: 10.18326/mdr.v7i2.755.

Ilma, Mughniatul, and Rifqi Nur Alfian. 2020. “Konsepsi Masyarakat Madani Dalam Bingkai Pendidikan Islam.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 1(01):25–46. doi: 10.21154/maalim.v1i01.2186.

Israwan, Iwan. 2020. “Telaah Filsafat Pendidikan Islam Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Seumur Hidup Menuju Masyarakat Madani.” Al -Mujaddid: Jurnal Ilmu-Ilmu Agama 2(2):48–62. doi: 10.51482/almujaddid.v2i2.43.

Izzah, Ismatul. 2018. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Masyarakat Madani.” Pedagogik : Jurnal Pendidikan 5(1):50–68.

Pitriani, Lusi, Ridhoan Parlaungan Huta Suhut, and Wafi Auliya Tsabitah. 2020. “Filsafat Pendidikan Berbagai Pandangan Filsuf Pendidikan.” Filsafat Pendidikan 1–4.

Qiftiyah, M. 2020. “Analisis Kritis Buku Filsafat Pendidikan Islam.” … : Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10(2):129–42.

Rizal, Ahmad Syamsu. 2014. “Filsafat Pendidikan Islam Islami.” Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta’lim 12(1):1–18.

Suprapno, M. P. I. 2021. FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM Kajian Tokoh-Tokoh Pemikiran Islam. CV Literasi Nusantara Abadi.

Syukri, Mohamad, Abd Rahman, Keistimewaan Balaghah, and Hadis Rasulullah. 2015. “THE E-JOURNAL OF SULTAN ALAUDDIN SULAIMAN SHAH.” 2(1):1–13.

Sahila Rawani, Riski Rahmawati Ac, and Iqbal Martha. 2020. “Masyarakat Madani.” (September):1–5. Bakar, Yunus Abu. 2014. “Filsafat Pendidikan Islam.” Inspiratif Pendidikan 6(2):269.

Basri, Hasan. 2006. “Urgensi Dan Fungsi Filsafat Pendidikan Islam.” Empirisma 15(1):1–11.

Charis, Irfan, and Mohamad Nuryansah. 2015. “Pendidikan Islam Dalam Masyarakat Madani Indonesia.” MUDARRISA: Journal of Islamic Education 5(2):229. doi: 10.18326/mdr.v7i2.755.

Ilma, Mughniatul, and Rifqi Nur Alfian. 2020. “Konsepsi Masyarakat Madani Dalam Bingkai Pendidikan Islam.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 1(01):25–46. doi: 10.21154/maalim.v1i01.2186.

Israwan, Iwan. 2020. “Telaah Filsafat Pendidikan Islam Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Seumur Hidup Menuju Masyarakat Madani.” Al -Mujaddid: Jurnal Ilmu-Ilmu Agama 2(2):48–62. doi:

51482/almujaddid.v2i2.43.

Izzah, Ismatul. 2018. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Masyarakat Madani.” Pedagogik : Jurnal Pendidikan 5(1):50–68.

Pitriani, Lusi, Ridhoan Parlaungan Huta Suhut, and Wafi Auliya Tsabitah. 2020. “Filsafat Pendidikan Berbagai Pandangan Filsuf Pendidikan.” Filsafat Pendidikan 1–4.

Qiftiyah, M. 2020. “Analisis Kritis Buku Filsafat Pendidikan Islam.” … : Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10(2):129–42.

Rizal, Ahmad Syamsu. 2014. “Filsafat Pendidikan Islam Islami.” Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta’lim 12(1):1–18.

Suprapno, M. P. I. 2021. FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM Kajian Tokoh-Tokoh Pemikiran Islam. CV Literasi Nusantara Abadi.

Syukri, Mohamad, Abd Rahman, Keistimewaan Balaghah, and Hadis Rasulullah. 2015. “THE E-JOURNAL OF SULTAN ALAUDDIN SULAIMAN SHAH.” 2(1):1–13.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v16i1.899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Farhandika Ilham Prasetyo, Elly Rahmah Yanti, M.Yunus Abu Bakar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman  
Published by Faculty of Education and Teacher Training, IAIN Ternate, North Maluku, Indonesia