Meningkatkan Perkataan Positif Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19

Puji Dwi Rahayu

Abstract


Penelitian ini membahas problematika dan solusi dari perkataan kurang positif atauperkataan negatif pada anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian deskriptifkualitatif. Data yang diperoleh dengan hasil observasi dan wawancara dengan orang tuadan orang yang ada disekitar anak. Dan tujuan dari penelitian ini mendeskripsikanproblematika dalam berkata-kata serta solusi yang sebaiknya diucapkan dan dilakukan.Dan hasil penelitian ini yaitu pendidikan anak usia dini merupakan masa emas yanghanya sekali dan tidak dapat diulang. Orang tua dan orang-orang disekitar anak harusberupaya untuk menstimulus anak sejak dini agar perkembangan anak optimal. Olehkarena itu sebagai orang tua harus memahami pertumbuhan dan perkembangan anaktanpa harus dengan kekerasan dan perkataan yang kurang positif. Tetapi mendidik anakdengan menyenangkan, perkataan positif serta penuh kasih sayang

Keywords


perkataan positif, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Afrianingsih, Anita (2016) Komunikasi Positif Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Penyerapan Bahasa Lisan Anak Usia Dini. Tarbawi : Jurnal Tarbawi Vol. 13. No. 2. Juli_Desember 2016

Couto, Nasbahry & Alizamar. (2016) Psikologi Persepsi & Desain Informasi. Yogyakarta : Media Akademik Hidayat, Dede Rahmat. (2011). Teori dan Aplikasi Psikologi Kepribadian dalam Konselng. Bogor. Ghalia Indonesia. Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Robingatin dan Zakiyah Ulfah. 2019. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media Walgito, Bimo. (2010) Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : CV Andi Offset




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v13i2.715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman  
Published by Faculty of Educatioan and Teacher Training, IAIN Ternate, North Maluku, Indonesia