Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Media Peta Pada Siswa Kelas IV SD 31 Kota Ternate

Taufik Abdullah

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah menerpkan media peta dalam pembelajaran peserta didik pada jenjang Sekolah Dasar untuk meningkatkan hasil Belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjek penelitian adalah siswa SD 31 Kota Ternate dengan jumlah siswa 21 yang terdiri 8 laki-laki dan 13 perempuan. Proses penelitian mengikuti siklus I dan siklus II dan instrumen penelitian adalah lembar observasi, tes hasil belajar, format wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media peta sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 31 Kota Ternate. Berdasarkan hasil  belajar siswa pada siklus 1 terdapat siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketentuan Minimum (KKM) dengan rata-rata sebesar 58,13% untuk siklus II rata-rata nilai siswa sebesar 83,72% peningkatan hasil belajar siswa. Melalui hasil penelitian disarankankan pada guru kelas IV agar menggunakan media dalam pembelajaran dikelas, salah satunya adalah peta sebagai media pembelajaran, sehingga dalam pembelajaran IPS siswa lebih aktif belajar dan hasil belajar siswa pun meningkat

Keywords


Hasil Belajar Siswa, Media Peta IPS

Full Text:

PDF

References


Allan, J. (1996). Learning outcomes in higher education. In Studies in Higher Education, 21(1), 93–108.

Amir pada. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial I. FKIP UNM. (diakses 15 April 2014)

Depdiknas. 2006. Model-model Pembelajaran yang Efektif dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Depdiknas.2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI. Jakarta : BNSP.

Dimyati dan Mudjiono,1999. Proses Belajar Mengajar.Jakarta : PT Bumi Aksara (diakses 15 April 2014)

Ewell, P. (2005). Applying learning outcomes to higher education: An overview. Paper prepared for the Hong Kong University Grants Committee. National Center for Higher Education Management Systems.

Gosling D. and Moon J, “How to Use Learning Outcomes and Assessment Criteria”, SEEC Office, London, 2001.

Ishikawa, T., and Kastens, K.A. 2005. Why some students have trouble with maps and other spatial representations. Journal of Geoscience EducationVol.53 No.2.hal184-197.

King, J. A., & Evans, K. M. (1991). Can we achieve outcome-based education? Educational Leadership, 49(2), 73–75.

Koesmini, 1998.Kiat-Kiat Meningkatkan Prestasi Belajar IPS di SD. Jakarta : Bumi Aksara. (diakses 15 April 2014)

Louis O Kattsoff. Taufik (2004). Pengantar filsafat. Yogyagkarta: Tiara Wacana Yogya

M. Joko, Taufik 2007. Metode Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Akasara

Made Pidarta. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta :Rineka Cipta. (diakses 15 April 2014)

Marnia, 2008. PTK Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Peta Pada Mata Pelajaran IPS. FKIP UNM(diakses 15 April 2014)

Moon J (2002): The Module and Programmes Development Handbook: A Practical Guide to Linking Levels, Outcomes and Assessment Criteria, Routledge Falmer.

Mulyo Bambang Nianto, Taufik 2004. Kompetensi Dasar Geografi.Solo : Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Nana Sudjana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo. (diakses 15 April 2014) Oktaseip. Wordpress. Com / 2011 / 04 / 24

Nasution, Sumaat maaja (2002 : 123, Definisi Pendidikan.

National Research Council. 2006. Learning to Think Spatially: GIS as a Support System in K–12 Education. Washington, D.C.: National Academies Press.

R.M. Soetardjo Soerjosoemarno. Taufik 2004. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Richard Hartshorne, The Nature Of Geography (Washington, DC: Association of American Geographers, 1939).

Taufik Abdullah, 2011, Teori Pembelajaran, Model Belajar Mengajar. Yogyagkarta: Mida Pustaka

Tuning (2005): Tuning Educational Structure in Europe- Final reports Phase 1 and 2 available at: http://tuning.unideusto.org/tuningeu/.

Wardani, Taufik I.G.A.K. 2005.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.: Bumi Aksara

Yaba 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta :Bumi Aksara. (diakses 15 April 2014)

Yulmadia Yulir. 2004. Geografi.Jakarta : Bumi Aksara( (diakses 15 April 2014)




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v12i2.308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Foramadiahi

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman  
Published by Faculty of Educatioan and Teacher Training, IAIN Ternate, North Maluku, Indonesia