PENDIDIKAN ISLAM DAN TANTANGAN MODERNITAS

Tamsin Yoioga

Abstract


Istilah Pendidikan Islam dan Modernitas mengandung dua konsep yang berbeda. Pendidikan Islam sendiri tertuju pada keyakinan, ajaran, sistem tata nilai dan budaya sekelompok umat manusia yang beragama Islam sementara Modernitas Kata yang lebih dikenal dengan pembaharuan, bisa pula disebut dengan istilah “reformasi”. Perpaduan kedua konsep tersebut guna untuk melahirkan manusia-manusia unggul dalam ilmu pengetahuan teknologi dan sains yang tidak terlepasdari sifat religius sebagaimana tujuan dalam pendidikan Islam itu sendiri.


Keywords


Pendidikan Islam, Tantangan Modernitas

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Khursyid, Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam, (Surabaya : Pustaka Progresi, 1992, Cet. I

Albaar, Rugaya, Pendidikan Islam dan Tantangan Era Globalisasi, STAIN Ternate:CDIE, 2005

Asmuni, Yusran, M. “Pengantar Studi Pemikiran dan Gerakan Pembaharuan dalam Dunia Islam” (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 1998), Cet. II

Harahap, Syahrin, “Islam dan Modernitas: dari Teori Modernisasi hingga Penegakan Kesalehan Modern”, (Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri, 2015), Cet. I

Irwandi, Satria, Tantangan Dunia Pendidikan dalam Menghadapi AFTA 2015, (Geogle.com)

Muhaimin, pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2012), Cet. V

Mukri, Gustiawati, Syarifah, Pendidikan Islam Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), (Geogle.com).

Muliawan Unggah Jasa, Ilmu Pendidikan Islam, Studi Kasus Terhadap Struktur Ilmu, Kurikulum, Metodologi dan Kelembagaan Pendidikan Islam”, (Jakarta; PT. RajaGrafindo Persada, 2015), Cet. I

Nasution, Harun, Sekitar “Masalah Modernisme atau Pembaruan dalam Islam”, dalam Studia Islamika, No. 5 tahun 1977, (Jakarta: IAIN Syahid)

Nata, Abuddin, Manajeman Pendidikan, mengatasi Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012), Cet, II

___________, Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2014), Cet, I

___________, Sosiologi Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2013), Cet, II

Dkk, Syahrin, Pendidikan Agama Islam Kontemporer, (Yayasan Masyarakat Indonesia Baru, 2014), Cet, I

Tholkhah, Imam dan Barizi, Ahmad, Membuka Jendela Pendidikan, Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004), Cet. I

Ujungpandang Ekspres, Edisi, Sabtu, 13 Februari 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v12i1.233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Foramadiahi

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman  
Published by Faculty of Educatioan and Teacher Training, IAIN Ternate, North Maluku, Indonesia