Dinamika Perkembangan Kurikulum di Indonesia

Nuraini Soleman

Abstract


Kurikulum sebagai bagian dari faktor penting dalam pendidikan memiliki   posisi strategis dalam  mewarnai dan menentukan kualitas output pendidikan.  Kualitas  pendidikan  sesungguhnya sangat  ditentukan  oleh eksistensi kurikulum tersebut. Dalam pelaksanaannya,  kajian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif menuntut keteraturan, ketertiban dan kecermatan dalam berpikir, tentang hubungan datta yang satu dengan data yang lain dan konteksnya dalam masalah yang akan diungkapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan kurikulum diperlukan setiap saat karena kurikulum akan selalu merespon perkembangan dalam  kehidupan, baik  perkembangan ilmu pengetahuan  dan teknologi, perkembangan sosial dan budaya, dan perkembangan politik. Di samping itu, dalam perkembangannya kurikulum harus memperhatikan unsur peserta didik,  satuan pendidikan, masyarakat,  dan peranan pengembang kurikulum terutama guru.  Peserta didik sebagai obyek kurikulum harus mendapat prioritas utama dalam pengembangan kurikulum.


Keywords


Perkembangan Kurikulum

Full Text:

PDF

References


Arifin, HM, Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Bumi Aksara, Jakarta, Cet.II, 200

Gunawan, Heri, Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Alfabeta, Bandung, Cet.I, 2012

Hamalik, Omar, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Rosda Karya, Bandung, 2007

Nasution, Harun, Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspek jilid I, UI Pres, Jakarta, 197

M. Nuquib, Al Attas, Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam, Mizan, Bandung, 1998

Sapsuha, M. Tahir, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Agama Islam, PustakaTimur, Yogyakarta, 2005

Subandijah, Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, Grafindo, Jakarta, 1986

Sukmadinata. Syaodih Nana, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Remaja Rosda Karya, Bandung, 2001

Yuliawati, Ella, Kuriklum dan Pembelajaran Filisof, Teori dan Aplikasi, Pakar Raya,

Bandung, 2003




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v12i1.228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Foramadiahi

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman  
Published by Faculty of Educatioan and Teacher Training, IAIN Ternate, North Maluku, Indonesia