KONTEKSTUALISASI BUDAYA DALAM SISTEM PENDIDIKAN
Abstract
Pada prinsipnya arah pengembangan kebudayaan, adalah untuk meningkatkan kualitas hidup manuasia dan masyarakat, pewarisan budaya masa lalu agar tetap penting dan bermakna, memiliki nilai-nilai baru, serta diadakan interpretasi baru secara kreatif; serta mengarah pada keutuhan pandangan, guna membendung munculnya perpecahan dan kontradiksi di kalangan masyarakat yang pluralistik ini. Kebudayaan adalah keseluruhan dari hasil manusia hidup bermasyarakat yang berisi aksi-aksi terhadap dan oleh sesama anggota manusia sebagai anggota masyarakat yang merupakan kepandaian, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, dan adat istiadat.Unsur budaya yang harus diikutsertakan dalam kebijakan pendidikan nasional yaitu: asas pandangan hidup, dasar operasionalisasi kegiatan mendidik, penentuan kurikulum (muatan lokal), motivasi belajar dan hidup, dan landasan pembangunan lebih maju. Peranan sekolah adalah sebagai pewaris kebudayaan, guru-guru di sekolah harus dapat berperan sebagai model kebudayaan yang dapat dipedomani dan ditiru oleh peserta didik, agar peserta didik memahami dan mengadopsi nilai-nilai budaya masyarakatnya maka guru harus dapat mengajarkan nilai-nilai yang diyakini masyarakat tempat sekolah itu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Archie, M.(2008) Theories of Cultural Centeredness: Multiculturalism and Realities
Djojonegoro, Wardiman,(1998), Peningkatan Kualitas SDM Melalui Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta: Depdikbud.
Hassan, F(2004). Pendidikan Adalah Pembudayaan Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Koentjaraningrat(1990). Kebudayaan Mentalitet dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.
Kartono. Tinjauan Holistik Mengenai Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta: Pradnya Paramita.1977
Oliva, P. F. (1992.) Developing the Curriculum. New York: Harper Collins Publishers.
Pidarta, M.(1977), Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Soedijarto, M.A.(2008), Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita. Jakarta, PT. Kompas Media Nusantara.
Tilaar, H.A.R., dan Riant Nugroho(2009), Kebijakan Pendidikan: Pengantar Untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tilaar, A. R. (2004) . Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Tirtarahardja, U.(2005), dan Sulo, S . Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Bandung: Citra Umbara.
DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v11i1.151
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 FORAMADIAHI