REKONSTRUKSI PENDIDIKAN MODEL SAIAD NURSI MENUJU PUNCAK PERDABAN UMAT ISLAM

Mustamin Giling

Abstract


Said Nursi tokoh Muslim Turki terkemuka era transisi, menyaksikan dan mengalami langsung perubahan radikal yang terjadi dalam kehidupan Muslim, jatuhnya Khalifah Islamiyah yang terakhir (Dinasti Utsmani) hingga terbentuknya Republik Turki Modern. Pemikiran-pemikirannya bersifat modern dan moderat, dalam perjalanan intelektualnya, Said Nursi  telah mewariskan ide-ide dan konsep yang mengintegrasikan antara pendidikan agama dan sains (unifikasi ilmu pengetahuan).Pemabahruan pemikiran Said Nursi dalam konteks pendidikan adalah meintegrasikan etos agama dan sains modern. yang berbeda dalam paham sekularisme.Keseluruhan pandangan serta landasan teori  tentang konsep pendidikan Said Nursi sesungguhnya bukan dikotomik  dalam upaya untuk menghilangkan image bahwa ternyata selama ini pendidikan agama dan umum tidak boleh disatuatapkan  Tegasnya bahwa antara pendidikan agama dan Umum harus diintegrasikan menuju puncak-puncak  kemajuan  Islam, seperti pada zaman keemasan Islam (golden age)


Keywords


Rekontruksi Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abd Hakim,Atang, Jaih Mubarok, Metodologi Studi Islam (Cet. XI; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009

Ali ,Urkhan Muhammad, Said Nursi Fȉ Hayȁt Ummah, Turki: Syirkat al-Nast li al Tiba’ah, 1995.

Mohammed Zaidin, Badiuzzaman Said Nursi: Sejarah Perjuangan dan Pemikiran,Malaysia- Selangor: Dȁrul Ihsan Malita Jaya Publisher, 2001.

Arberry ,A.J., Revelation and Reason in Islam (London: Allen Unwin, t.th.

Arsyad, Azhar (ed.) M. Rusdi Khalid, Balȁghatul al-Hukamȁ’a Wasȁilu fȉ Tanmiyatil Himȁsah Wa tunsyiatu al-Hayȁtu wa Garasa al-Qayyimu wa al-Akhlȁku al-Karȉmah, Cet. II;Makassar: Yayasan Fatiya Makassar, 2005.

Bakar, Osman, Hrarki Ilmu ,Membangun Rangka Pikir Islamisasi Ilmu Menurut al-Farabi,al-Ghazali, Quthub ad-Din Asy-Syirazi, Bandung: Mizan, 1997.

Gulem, Muhammad Fethullah `dalam Badiuzzman, al-Matsnawi An-Nȕr, Terjemahan Fauzi Bahreisy: “Menyibak Misteri Ilahi” (ed), Zaprukhan, Hesbi Sen dan ditahqiq oleh Ihsan Qasimash-Shalihi, ttp.: Anatolia, t.th.

Hidayat, Komaruddin, Muhamad Wahyuni Nafis, Agama Masa Depan Perspektif Filsafat Perennial, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Ma’luph ,Louwis , al-Munjid Fi al-Lughah wa al-‘Alȁm, Cet. XI; Beirut-Lebanon: Dȁr El-Machreq Sarl Publishers, 1986.

M. Syarif ,M.M. , History of Muslim Philosophy, 0tto Horrasowitz, Weisbaden, 1963.

Naisbitt, John dan Aburdene Patricia. Megatrend 2000, New York: Avon Books, 1991.

Nasution, Harun, Filsafat dan Mistisisme Dalam Islam ,Cet. II; Jakarta: Bulan Bintang, 1978.

Nursi,Said. Badiuzzaman Sai’d Nursi Nazarat al-Ammah ‘an Hayȁtihi wa Atsarihȉ, terjemahan Nabilah Lubis: dan Ihsan KasimSaid Nursi: “Pemikir dan Sufi Besar Abad 20 Membebaskan Agama dari Dogmatisme & Sekularisme”, Cet. I; Jakarta; PT. RajaGrafindo, 2003.

Rahardjo, M. Dawan, Insan Kamil Konsepsi Manusia Mzenurut Islam, Cet. I; Jakarta; PT. Grafiti Press., 1985.

Riyadi,Hendar dalam pengantar editornya: Wacana Pemikiran Tauhid Dalam Muhammadiyah” pada Henar Riyadi (ed), Ilmu Tauhid Dalam Implementasinya dalam Pendidikan, Cet. I; Bandung: Nuansa, 2000

Salih, Ihsan Kasim, Said Nursi Pemikir dan Sufi Besar Abad 20 Membebaskan Agama Dari Dogmatisme dan Sekularisme, Jakarta: Murai Kencana, 2003.

Schimmel, Annemarie. Introduction to Islam, terjemahan M. Chairul Annam: “Islam Interpretatif Upaya Menyelami; Dari Inti Ajaran, Aliran-Aliran Sampai Realitas Moderennya” Cet. I; t.tp.: Inisiasi Press, 2003.

Syukur, ,M. Amin dan Masyharuddin (ed), Joko Trio Haryanto, Intelktualitasme Tasawuf Studi Intelktualisme Tasawuf Al-Ghazali, Cet. I; Semarang: Pustaka Pelajr, 2000.

Zaidin,Mohammed, Badiuzzaman Said Nursi: Sejarah Perjuangan dan Pemikiran, Malaysia- Selangor: Dȁrul Ihsan Malita Jaya Publisher, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v11i1.145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FORAMADIAHI

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman  
Published by Faculty of Educatioan and Teacher Training, IAIN Ternate, North Maluku, Indonesia