PERSEPSI KONSEPTUALITAS PERAKITAN BUTIR SOAL

Musa Marengke

Abstract


Tes pengembangan pada dasarnya harus membuat dua keputusan, yaitu apa yang diukur dan bagaimana mengukurnya. Perakitan item yang berkaitan dengan keputusan kedua. Jika seorang guru bekerja berdasarkan item spesifikasi, maka dengan sendirinya struktur dan format gandum harus ditetapkan. Tetapi jika guru tidak berdasarkan spesifikasi item, perlu untuk menetapkan format jika item yang harus diikuti sebelum butir mulai menulis tahap. Di sinilah keahlian dan ketelitian yang dibutuhkan guru. Guru perlu mengetahui prosedur mengumpulkan barang, baik secara konseptual maupun teknis-operasional. Secara konseptual, tahapan masalah perakitan telah menawarkan ide tentang bagaimana mengukur tingkat kesulitan, tingkat daya yang berbeda, tentang validitas dan reliabilitas. Prosedur ini perlu dianalisis dalam esai ini dengan menganalisis konsep-konsep tentang teori item. Hal ini dapat dianalisis dengan kacamata-deskriptif kualitatif dan kuantitatif-matematis. Pikiran bermaksud menganalisis masalah dan menetapkan posisi materi pada setiap kriteria. Masalah yang memenuhi syarat salah satunya dapat diukur dari elemen representasi dari semua kompetensi prikomotoriknya. Selain itu, pertanyaan harus valid dan dapat dipercaya, yang memiliki tingkat validitas dan reliabilitas tertentu. Makalah ini bertujuan untuk memeriksa prosedur perakitan Anda dalam masalah persepsi konseptualitas. Maka artikel ini akan memeriksa item dalam persepsi penggunaan item, masalah kualitas dan langkah-langkah perakitan dan analisis.


Keywords


Konseptualitas dan Butir Soal

Full Text:

PDF

References


Azwar Saifuddin, Reliabilitas dan Validitas, cet ke-6, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2006

Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan , direktorat Jenderal PMPTK bekerjasama dengan THE WORL BANK, Panduan BERMUTU (Better Education Through Reformed Management and Universal Techer Upgrading) 2008.

Departemen Pendidikan Nasional; Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Pedoman Analisis Butir Soal, Jakarta : direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, 2008

Djemari Mardapi, Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes, cet. Ket-1. Yogyakarta : Mitra Cendekia, 2008.

Lendgren, H.G, Educational Pskychology in the Classroom, New York. 1967. H.445

Mudjijo, Hasil Belajar, cet I, Jakarta : Bumi Aksara, 1995

Nur Muhammad, Pengantar Teori Tes; Naskah bahan Pengajaran/buku teks program refresher, Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendiikan and Kebudayaan

Nurkancana, Wayan an PPN Sumartana, Evaluasi Pendidikan, cet ke-1 Suarabaya: Usaha Nasional.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Cet ke-10, Jakarta : Remaja Rosdakarya, 2005




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v10i2.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FORAMADIAHI

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman  
Published by Faculty of Educatioan and Teacher Training, IAIN Ternate, North Maluku, Indonesia