TRANSFORMASI STAIN KE UIN DILEMA DAN PROSPEKTIF

Junaenah Misbah

Abstract


ABSTRAK; Dari pemikiran al-faruqi yang disebutkan di atas perlu diterapkan ke STAIN setelah beralih ke UIN. Proses pendidikan perlu equlity sektor pendidikan pengobatan dengan sektor lain, rekonstruksi sosial yang berorientasi pendidikan, pendidikan dalam rangka memberdayakan umat dan bangsa, pemberdayaan infrastruktur sosial untuk kemajuan pendidikan. Pembentukan kemandirian dan pemberdayaan untuk mencapai keunggulan, pencipta iklim dan kondusif bagi pertumbuhan toleransi dan konsensus dalam perencanaan terpadu di semua sektor dan secara vertikal antara level Perencanaan Botton-up dan top-down, pendidikan harus berorientasi kepada siswa dan pendidikan harus multikultural dan pendidikan dengan perspektif global. Perumusan paradigma ini memberi arahan sesuai arahan educatin, yang pada level makro dituntut untuk mengantarkan rakyat Indonesia yang demokratis, religius,kritis

Keywords


Transformasi, Paradigma

Full Text:

PDF

References


A.Qadri Azizy, Pengembangan Struktur Kefakultasan STAIN, dalam http:/ /www. ditpertais .net /artikel/godriOl.asp

Arif Furqan, Kemana PTAI akan kita bawa, dalam PERTA, Vol.V/No.01/2002

Azyurmadi Azra, Paradigma Baru Pendidikan Islam Rekonstruksi dan Demokrtaisasi, Cet I, Jakarta: Buku Kompas, 2002

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ed.III;Cet.I, Jakarta:Balai Pustaka,2002

Fasli Jalal, Reformasi Pendidikan dalam Konteks otonomi Daerah, Aditya Yogyakarta,2002

Gudmund Hernes, dengan Judul The New Century: Societtal Parad Oxes and Mayor Trends, for education planning,Unisco Tanpa Kota, dalam http://internasional institute yang Dikutip oleh Nanang Fattah, dalam modul-4, Kebijakan Pendidikan Dasar dan Manajemen Perubahan, 2008

H. Muhaimin, Arah baru pengembangan pendidikan Islam, Pemberdayaan Pengembangan kurikulum hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan, cet.I, Bandung:Penerbit Nuansa,2003

H.Abdul Ghafir, Reorientasi Peran PTAIN dalam artikel Swara Cendikia No.3 Th.I.September,2005

http:/1/www.UIN Jakarta.ac.id/index.php/tentang-uin.html

Hujair, A.H.Sanaki dalam Jurnal, Fakultas tarbiyah STAIN Suka, Yogyakarta, dengan judul Berbagai persoalan Pendidikan, Pendidikan Nasional dan Pendidikan Islam di Indonesia, Oleh Soeroto, Ilmu Pendidikan Islam, Problema dan prospek Vol.1 Fakultas Tarbiyah STAIN Suka, Yogyakarta,1991

Imam Proyogo, Strategi PTAI di masa depan dalam Swara Cendikia,No.2 Th.1.Agustus 2005

Kamaruddin Hidayat dalam buku Sutrisno, Revolusi Pendidikan di Indonesia, Membedah Metode dan

Teknik Pendidikan Berbasis Kompetensi, Cet.I, Yogyakarta: Ar-Ruzuz-Media, 2005

M.Dawam Raharjo, STAIN Dengan Mandat Diperluas dalam PERTA Vol.IV/No.01/2001

M.Deden Ridwan, Menjadi STAIN Unggulan dalam jurnal PERTA, Vol.IV/No.01/2001

Satyo Soemantri Brojonegoro, dkk, Implementasi Paradikma Baru di

Perguruan Tinggi dalam Refformasi Pendidikan konteks Otonomi Daerah,Editor Fasli Jalal dan Dedi Supriyadi, Yogyakarta: Bappenas-Depdiknas-Adicita Karya Nusa,2001

Sutrisno, Revolusi Pendidikan di Indonesia, membedah metode dan teknik pendidikan berbasis kompetensi,Yogyakarta: Ar-Ruz media, 2005




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v10i2.118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FORAMADIAHI

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman  
Published by Faculty of Educatioan and Teacher Training, IAIN Ternate, North Maluku, Indonesia