ISU-ISU TENTANG EFISIENSI TATA KELOLA ORGANISASI DAN ANGGARAN PENDIDIKAN

DINDIN WAHYUDIN

Abstract


Persoalan mengenai efisiensi tata kelola organisasi dan sentuhan akademik anggaran dengan kebutuhan mendasar masyarakat akan menjadi pendidikan yang berkualitas dan kewajiban pengatur untuk menyediakan layanan sebagai pendidikan terbaik bagi seluruh rakyat Indonesia. Isu-isu seperti itu mencakup isu-isu yang terkait dengan pendidikan. Program ini adalah sertifikasi guru dan dosen, kesetaraan guru, dan kebijakan privatisasi pendidikan. Begitu pula dengan masalah ketimpangan dalam distribusi anggaran pendidikan, anggaranketidakterserapannya secara optimal dan ketidakakuratan pendidikan dalam menggapai anggaran pendidikan

Keywords


Efisiensi, tata kelola, organisasi, anggaran, pendidikan

Full Text:

PDF

References


Arifi, Ahmad. Politik Pendidikan Islam Menelusuri Ideologi dan Aktualisasi Pendidikan Islam di Tengah Arus Globalisasi, Yogyakarta: Teras, 2010

Aisyah, Siti, makalah Isu-Isu Tentang Pemerataan Akses Pendidikan (Pendidikan Mahal-Murah), PPs Program Doktor Kependidikan Islam UIN Sunan Kalijaga 2013

Departemen Agama RI, Manajemen Madrasah Aliyah, Jakarta: Direktoral Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1999

Fattah, Nanang, Ekonomi Dan Pembiayaan Pendidikan, bandung : Remaja Rosdakarya, 2000

_____________, Landasan Manajemen Pendidikan, BandungL Remaja Rosdakarya, 1999

Hasbullah, Otonomi Pendidikan, Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo, 2006

Irawan, Ade dkk, Mendayagunakan Sekolah (Studi Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah di DKI), Jakarta: Indonesia Corruption Watch, 2004.

Irianto, Yoyon Bachtiar, Kepemimpinan dan Kewirausahaan, Jakarta : Dirjen Pendidikan Islam Depag RI, 2009

Levine dan Lezotte dalam David A. Squires, dkk, Effective School and Classroom : a Research- based Perspective, Alexandaria : Association for Supervision and Surriculum Development, 1983

Amnur, Ali Muhdi (editor), Konfigurasi Politik Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Pustaka Fahima, 2007.

Mulyadi, Total Quality Manajement L prinsip Manajemen Komtemporer Untuk Mengarungi Lingkungan Bismis Global, Yogyakarta, Aditya Media, 1998.

Mulyasa, E., Menajemen Berbasis Sekolah : Konsep, Strategi pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, cet ke-2, 2011

Nizar, Samsul dna Muhammad Syaifuddin, Isu-Isu Komtemporer Tentang Pendidikan Islam, Jakarta : kalam Mulia, 2010

Purwanto, Edi dkk, Wajah Kusam Pendidikan Kita, Malang: Program Sekolah Demokrasi dan Averroes Press, 2011

ROhman, Arif, Pendidikan Komparatif Menuju Ke Arah Metode Perbandingan Pendidikan ANtar Bangsa, Yogyakarta: Laksbang Grafika, 2010.

Sagala, Syaiful, Administrasi Pendidikan Komtemporer, bandung: Alfabeta, 2000

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam Konsep, Strategi dan APlikasi, Yogyakrta : Teras, 2009

UU Republik Indonesia No.19/2012 tentang anggaran pendapatan dan belanja Negara tahun anggaran 213

Undang-undang Republik Indonesia No 20/2003 tentang sistem pendidikan nasional

Undang-Undang republic Indonesia no, 12/2012 tentang Perguruan Tinggi

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/09/12/ma8dl2-kemenpora-pengangguran-terdidik-capai-4781-peren.

http://nasional.sindonews.com.read/2013/-2/10/64/716228/agar-tak-jadi-panggauran-intelek.

Harian Kedaulatan Rakyat, Jumat Pon 20 Desember 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v10i1.117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FORAMADIAHI

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman  
Published by Faculty of Educatioan and Teacher Training, IAIN Ternate, North Maluku, Indonesia