Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pembuatan Eco-Enzyme Dari Limbah Organik Rumah Tangga Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan

Juniartin Juniartin, Sukardi Abbas, Rosita Tabaika, Lintal Muna, Astuti Muh. Amin

Abstract



Peningkatan populasi penduduk berbanding lurus dengan jumlah sampah yang dihasilkan. Kurangnya edukasi dalam pengelolaan sampah menyebabkan sebagian besar jumlah sampah hanya menjadi timbunan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Salah satu solusi pemanfaatan limbah organik rumah tangga yang mudah dibuat, ramah lingkungan dan kaya manfaat adalah pembuatan eco enzyme. Tujuan PkM ini adalah memberikan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan tentang pengolahan sampah organik berbasis eco enzyme sehingga dapat meningkatkan kesadaran lingkungan bagi ibu rumah tangga. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah participatori action research meliputi brainstorming dan sosialisasi tentang manfaat eco-enzyme, dilanjutkan dengan pelatihan/praktik pembuatan eco-enzyme kemudian diakhiri dengan evaluasi untuk mendapatkan penilaian dari peserta dan kesimpulan dari kegiatan yang telah dilakukan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa komunitas dampingan memberikan respon positif serta antusias dalam pembuatan eco-enzyme. Kedepannya comunitas dampingan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat umumnya tentang pemanfaatan limbah organik rumah tangga.

References


Andina, E. (2019). Analisis Perilaku Pemilahan Sampah di Kota Surabaya. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial ,Volume 10, No. 2 Desember 2019.

Asnudin, A. (2010). Pendekatan Partisipatif Dalam Pembangunan Proyek Infrastruktur Perdesaan di Indonesia. Jurnal SMARTek, 8(3), 182–190.

Astra, I.K.B., dkk. (2021). Pengolahan Sampah Organik Berbasis Eco Enzyme Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Pemuda di Kabupaten Buleleng, Proceeding Senadimas Undiksha, 2065-2073.

Clourisa, N., Susanto, A., Latief, M., & Dyah, R. (2021). Pengenalan ecoprint guna meningkatkan keterampilan siswa dalam pemanfaatan bahan alam. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(36), 111–117.

Yunik’ati, Imam, R. M., Hariyadi, F., & Choirotin, I. (2019). Sadar Pilah Sampah Dengan Konsep 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace) Di Desa Gedongarum, Kanor, Bojonegoro. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 81–87.




DOI: http://dx.doi.org/10.4633/arc.v3i1.794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.