ANALISIS KEMAMPUAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN KERJA SAMA DENGAN MASYARAKAT KEC. SANANA

Mawardia Mawardia, Nur Rahmah Asnawi

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji 1. Upaya kepala sekolah dalam membangun kepercayaan orang tua wali siswa terhadap SD Negeri 3 Sanana Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula; 2 Faktor penghambat kepala sekolah dalam membangun kepercayaan orang tua wali siswa SD Negeri 3 Sanana Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula; dan 3) Kepercayaan orang tua wali siswa terhadap SD Negeri 3 Sanana Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yang bersifat penelitian lapangan (field reserach) dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui metode observasi, Interview (wawancara) dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan deskriptif dalam menganalisa data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Upaya kepala sekolah dalam membangun kepercayaan orang tua wali pada SD Negeri 3 Sanana, masih kurang maksimal sehingga menimbulkan kepercayaan orang tua wali pada SD Negeri 3 Sanana mengalami penurunan. 2. Faktor Penghambat Kepala Sekolah Dalam Membangun Kepercayaan Orang Tua wali Siswa Terhadap SD Negeri 3 Sanana Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula yaitu bahwa ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal; dan 3. Kepercayaan orang tua wali siswa pada SD Negeri 3 Sanana Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula mengalami penurunan.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi

Munawir, EK. Imam, Asas-Asas Kepemimpinan Dalam Islam, Surabaya: Usaha Nasional, 2001.

Departemen Agama, Alquran dan Terjemahannya . Semarang: Toha Putra, 1998.

Naim, Ngainun. Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Handoko, T. Hani, Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: BPFE, 2009.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis sekolah: Konsep, Strategi, Dan Imlementasi, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2001.

Danim, Sudarwan dan Suparno, Manajemen Dan Kepemimpinan Trasformatif Kekepala Sekolahan: Visi dan Strategi Sukses Era Teknologi, Situasi Krisis, Dan Internasionalisasi Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009.

Purwanto, M. Ngalim, Admnitrasi dan Supervisi Pendidikan, PT. Rineka Rosdakarya, 2007.

Amirullah, Pengantar Manajemen, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2004.

Atmodiwirio Soebagio dan Soeranto Totosiswanto, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Semarang : CV. Adhi Waskita, 2001.

Sulaiman, Pengaruh Kepemimpinan Dan Supervisi Klinis Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Di Kabupaten Cilacap,Tesis, Semarang: UNNES, 2007.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja RosdaKarya, 2007.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.