PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 HALMAHERA TENGAH

Abdul Kadir Talib, Agus Agus

Sari

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode Active Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam  di SMA Negeri I Halmahera Tengah, mendeskripsiskan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Pendidikan Agama Islam  di SMA Negeri I Halmahera Tengah,  dan menemukan apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode Active Learning terhadap hasil  belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Penddikan Agama Islam di SMA Negeri I Halmahera Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan empirik/lapangan. Sumber data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Populasi penelitian diambil dari siswa Kelas XI  SMA Negeri I Halmahera Tengah  yang berjumlah 70 siswa dengan teknik random sederhana, sampel yang diambil sebanyak 32% dari 480 siswa yaitu 28 siswa. Setelah data terkumpul dilakukan tahap analisis data melalui perhitungan prosentase dan korelasi, kemudian ditafsirkan  untukmemperoleh kesimpulanpenelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode Active Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Halmahera Tengah berada pada interval antara 40,5-60%, yakni 59%, sehingga dapat dikategorikan cukup baik. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Halmahera Tengah berada pada interval antara 60,5- 80%, yakni 66%, sehingga dapat dikategorikan Baik. 3) Bahwa hasil pengujian uji t (Parsial) dengan di dapat thitung variabel Pengaruh Metode Aktif  Learning  sebesar 2,301  yang lebih besar dari ttabel yaitu 2,060 serta nilai sig sebesar 0,030 yang lebih kecil dari 0,05, maka H1 (H1 diterima dan H0 ditolak) dan dapat disimpulkan bahwa variabel Metode Aktif Learning berpengaruh positif secara signifikan terhadap variable  hasil belajar siswa.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi

Abdul Aziz Ahyadi, 1991. Psikologi Agama. Bandung : Sinar Baru,

Ahmad Rohani, 1995. PengelolahanPengajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya,

Anita L. Vangelis. 2004-Hanbook Of Family Communication-USA: Lawrence Elbraun Prees.

B. SuryoSubroto, 1997. Proses BelajarMengajar Di SekolahCet.IV Jakarta Rineka Cipta,1997.

Baron, R.Adan Donn Byrne.2003.Psikologi Social. Jakarta: Erlangga.

Dimyanti, Mujiono, 1999. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta, Djamarah, 1994.. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional,

Hisyam Zaini dkk, 2005 Strategi pembelajaran aktif. Cet.III Yogyakarta CTSD UIN Dunan kalijaga,

Ismaliyani, 2021. Teori Belajar dan Pembelajaran, Cet. 2; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,

Joni T Raka, 2012.. Cara Belajar Siswa Aktif Wawasan Pendidikan Dan Pembaharuan Pendidikan Guru, IKIP Malang,

Mudjiono Dimyanti, 1999. Belajar Dan Pembelajran. Jakarta : PT Rineka Cipta,

Muhammad Ali, 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo,

Pasaribu, B. Simanjuntak, 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito,

Sanjaya Wina, 2008. Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan, Cet. IV Jakarta Perdana Media Grup,

Sanjaya, 2008.. Stratregi Pembelajaran Berorientasi pada Standar Proses Pendidikan Cet. IV; Jakarta: Pernada Media Grup,

Sardiman.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cet. 4; Jakarta: Rajawali. 2012. John M. Echols Dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia,Tt.

Sugiyono, 2013. MetodePenelitianManajemen .Bandung :Alfabeta,

Suharsimi Arikunto, 2006.. prosedur Penelitian suatu pendekatanP raktis Cet. 13 jakarta.PT rineka Cipta

Sutratinah Tirtonegoro, 1984.. Anak Supernormal Dan Program Pendidikannya. Jakarta : Bina Aksara,

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka,

Zainal Arifin, 1991.. Evaluasi Instruksional. Bandung, Remaja Rosdakarya

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.