Implementasi Media Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Kelas B RA AL Khairaat Skeep

Nursin Lidamona, Puji Dwi Rahayu

Abstract


Al-Wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama
Volume: 17 No. 2 Edisi Juni 2024
ISSN: 1907-2740, E-ISSN: 2613-9367
DOI: 10.46339/al-wardah.xx.xxx
Al-Wardah : Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama Vol : 17 No: 2
49
Implementasi Media Kolase Terhadap
Kemampuan Motorik Halus Anak di Kelas B RA AL
Khairaat Skeep
Nursin Lidamona
Institut Agama Islam Negeri Ternate
[email protected]
Puji Dwi Rahayu
Institut Agama Islam Negeri Ternate
[email protected]
Abs
Permasalahan yang berkaitan dengan motorik halus anak adalah anak usia 5-6 tahun masih rendah
motorik halusnya, hal ini sering distimulasi dengan media kolase namun motorik halusnya tidak
diasah sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji permasalahan tersebut. Yang membuat kolase di
sekolah RA Alkhairat Skeep unik adalah jarangnya menggunakan media kolase yang terbuat dari
bahan alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media kolase terhadap motorik
halus anak kelas B RA Alkhairat Skeep. Selain itu untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat penerapan media kolase terhadap keterampilan motorik halus anak kelas B RA
Alkhairat Skeep. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara kepada guru kelas dan orang
tua anak, serta dokumentasi di RA Alkhairat Skeep. Menurut Miles dan Huberman, langkah-
langkah analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian implementasi media kolase pada keterampilan motorik halus anak
kelas B RA Alkhairat Skeep adalah: Perencanaan pelaksanaan kegiatan kolase di kelas, seperti
sebelum melaksanakan pembelajaran guru terlebih dahulu menyiapkan dokumen berupa RPPH
serta alat dan bahan yang akan diajarkan di kelas. Penerapan media kolase di dalam kelas seperti
sebelum melaksanakan pembelajaran guru menjelaskan tema yang akan diajarkan, aturan
pembelajaran, cara penggunaan alat dan bahan yang akan ditempelkan pada permukaan pola.
Evaluasi pembelajaran dilakukan setelah melaksanakan pembelajaran dengan cara tanya jawab
antara guru dan anak, dengan evaluasi pembelajaran guru akan mengetahui apakah anak paham
atau belum tentang kolase. Salah satu faktor pendukung dalam penerapan media kolase adalah
adanya anak, alat dan bahan. Sedangkan faktor yang menghambat penerapan media kolase
biasanya adalah waktu.

Keywords


Media Kolase, Motorik Halus Anak.

Full Text:

PDF

References


Aghnaita, Aghnaita. 2017. “Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud No. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak).” Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak 3(2):219–34.

Ahmadi, Rulam, and K. R. Rose. 2014. “Metodologi Penelitian Kualitatif.”

Akollo, Jane Gresia, Yowelna Tarumasely, and Miftahus Surur. 2023. “Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Teknik Kolase Berbahan Loleba.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(1):358–73. doi: 10.31004/obsesi.v7i1.3748.

Damayanti, Anita, and Huurul Aini. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Melipat Kertas Bekas.” Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):67–68.

Darmiatun, Siti, and Farida Mayar. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kolase Dengan Menggunakan Bahan Bekas Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):257. doi: 10.31004/obsesi.v4i1.327.

Fitriani, M., Siti Sahwin, and Muhamad Yusril. 2023. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGANYAM PADA KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA BUNGORO.” (3):215–25.

Indonesia, 2003. 2003. “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003.” 1116/MENKE(4):1–22.

Lubis, Mayang Sari. 2018. Metodologi Penelitian. Deepublish.

Muharrar, Syakir, and Sri Verayanti. 2013. “Kolase, Montase, Dan Mozaik.” Jakarta: Erlangga.

Ndeot, Felisitas, Theresia Alviani Sum, and Fransiska Dechantal Ndinduk. 2022. “Analisis Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal Lonto Leok 4(2):1–12.

Nisa, Khoirun. 2021. “Implementasi Penggunaan Kolase Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini.” Jurnal Paradigma 12(01):138–51.

Puspitasari, Neng Riska, and Indra Zultiar. 2018. “Penggunaan Teknik Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun PAUD Warci Jaya Tahun Ajaran 2017-2018.” Utile Jurnal Kependidikan 4(1):50.

Rahayu, Puji dwi, and Muhammadiyah Surakarta. 2012. “Bermain, Pengaruh Kemampuan, Terhadap Halus, Motorik Tk, Anak Pelajaran, Sukoharjo Tahun Untuk, Skripsi S-, Sarjana Guru, Pendidikan Anak, Pendidikan Dini, Usia Dwi, Puji Keguruan, Fakultas Ilmu, D A N Universitas, Pendidikan Surakarta, Muhammadiyah.”

Sanenek, Asni Karlina, Nurhafizah Nurhafizah, Dadan Suryana, and Nenny Mahyuddin. 2023. “Analisis Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(2):1391–1401. doi: 10.31004/obsesi.v7i2.4177.

Sari Kumala, Effi. 2012. “Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Dari Bahan Bekas Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Simpang Iv Agam.” Jurnal Pesona PAUD 1(1):1–11.

Sujiono, Bambang, M. S. Sumantri, and Titi Chandrawati. 2014. “Hakikat Perkembangan Motorik Anak.” Modul Metode Pengembangan Fisik 1–21.

Suseni, Made, Ni Made Arini, and Ni Putu Sasmika Dewi. 2021. “Implementasi Metode Kolase Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini.” Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1):1–8. doi: 10.53977/kumarottama.v1i1.264.

Suyadi, M. Pd I. 2010. “Psikologi Belajar PAUD.” Yogyakarta: Pedagogia.

Talango, Sitti Rahmawati. 2020. “Konsep Perkembangan Anak Usia Dini.” Early Childhood Islamic Education Journal 1(1):92–105. doi: 10.54045/ecie.v1i1.35.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/al-wardah.v18i1.1385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama



  

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.