Pengaruh Instagram Terhadap Perubahan Perilaku Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Ternate

Rahmat A Abdina

Abstract


Instagram merupakan sebuah aplikasi yang tersedia di Smartphone, baik android maupun IOS yang memungkinkan setiap penggunanya untuk mengambil foto, video, menggunakan filter secara digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial. Melalui Instagram setiap orang dapat berkomunikasi dan berbagi informasi dengan mudah. Hal ini mengakibatkan adanya pengaruh yang ditimbulkan kepada para penggunanya. Pengaruh tersebut tidak selamanya mengarah ke hal yang bersifat positif, pengaruh negatif juga tak bisa dihindarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media sosial Instagram terhadap perubahan perilaku siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota ternate. Kemudian, setelah diketahui adanya pengaruh terhadap perubahan perilaku siswa, maka perlu ditelaah lebih dalam tentang perubahan perilaku seperti apa yang ditimbulkan dari media sosial Instagram terhadap penggunanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan proses pengumpulan data melalui kuesioner dan menggunakan teori Stimulus – Organisme – Respon atau S-O-R. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa media sosial Instagram memiliki pengaruh signifikan terhadap perubahan perilaku siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Ternate dengan pengaruh sebesar 99,8% dengan nilai korelasi atau tingkat hubungan sebesar 0,999 yang termasuk dalam kategori sangat kuat. Pengaruh Instagram dapat dilihat dalam tiga aspek yakni, kognitif, afektif dan konatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram mengakibatkan pola belajar dan tingkat kefokusan siswa berkurang. Hal ini disebabkan oleh kenyamanan setiap siswa dalam menggunakan Instagram cukup tinggi. Oleh karena itu, para siswa mulai bertindak sesuai dengan konten yang dilihat/ditonton di Instagram.


Keywords


Pengaruh; Instagram; Perubahan Perilaku

Full Text:

PDF

References


Agustiah, D., Fauzi, T., & Ramadhani, E. (2020). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 4(2), 181-190.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Agung, Ngurah, Gusti. (2014). Manajemen Penyajian Analisis Data Sederhana: Untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi yang Bermutu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cahyono, Sugeng, Anang. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal: Kareba

Cross, Michael. (2013). Leveraging Social Networking While Mitigating Risk. Syngress: 1st edition.

Fahmi, M. Khairul. (2020). Perubahan Perilaku Remaja Pengguna Facebook Terhadap Orang Tua Di Lingkungan Kekalik Gresik Kelurahan Kekalik Jaya Kota Mataram. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Fauji, Siti. (2018). Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Eksistensi Diri Pada Siswa-Siswi Wachid Hasyim 1 Surabaya. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Prapanca Surabaya.

Irawan, Soehartono. (2004). Metode Penelitian Sosial: Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Khairinal, K., Syuhada, S., & Sitinjak, R. S. (2022). Pengaruh media sosial, konformitas, dan pendidikan ekonomi keluarga, terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI SMK 1 Kota Jambi tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 923-938.

Muin, Fatkhul, Rohmat. (2019). Perubahan Perilaku Remaja Akibat Penggunaan Media Sosial Online Di Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ambel Surabaya.

Nawawi, Hadari. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: UGM Press.

Nurjaman, E. Y. (2018). Komunikasi Siswa Berkebutuhan Khusus di Ruang Kelas. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi -Volume VIII No. 2, 1-8.

Rachmat, Kriyantono. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Rismana, A., Normelani, E., & Adyatma, S. (2020). Pengaruh jejaring sosial terhadap motivasi belajar siswa-siswi sekolah menengah pertama (SMP) di kecamatan Banjarmasin barat. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 3(5).

Rubyasih, A., & Nurjaman, E. Y. (2020). Komunikasi Non Verbal Guru Terhadap Siswa Tuna Netra. Anterior Jurnal, 20(1), 71-77.

Sudarmanto, R. Gunawan. (2005). Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v8i1.773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TADABBUR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.