ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES TENTANG ASḤĀBUL FĪL

Abdul Fatah

Abstract


Salah satu sisi kemukjizatan al-Qur’an yang mengundang banyak perhatian orang ialah keindahan bahasanya.Ungkapan-ungkapan yang terangkum dalam ayatnya, Allah menggunakan sastra bahasa indah yang tiada tandingannya.Di dalam bahasa tersebut, tentu tersimpan tanda-tanda yang membentuk sistem yang indah. Para pembaca akan terperangah ketika berhasil menyingkap tanda-tanda tersebut berikut maknanya. Penelitian ini mencoba menyingkap makna di balik kisah Aṣḥābul Fīl. Untuk menemukan makna lain di dalam kisah tersebut, penulis menggunakan pendekatan Semiotika Roland Barthes yang populer dengan makna mitos dan signifikasinya. Sehingga, penelitian ini dapat mengungkap makna mitos Aṣḥabul Fīldalam QS.al-Fīl [105]: 1-5 yang bukan hanya sebagai pasukan bergajah. Dari sinilah dapat diungkap rahasia besar di balik tanda yang tersirat dari kisah tersebut.


Keywords


Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Full Text:

PDF PDF

References


al-Qatthān, Manna’. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an terj. Aunur Rafiq El-Mazni (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2014, Cet. XIV).

Barthes, Roland.Elemen-elemen Semiologi terj. Kahfie Nazaruddin (Yogyakarta: Jalasutra, 2012).

______________.Membedah Mitos-mitos Budaya Massa; Semiologi atau Sosiologi Tanda, Simbol dan Representasi terj. Ikramullah Mahyuddin (Yogyakarta: Jalasutra, 2010, Cet. X).

______________.Mythologies (New York: The Noonday Press, 1991).

Gusmian, Islah.Khazanah Tafsir di Indonesia (Yogyakarta: LKis, 2013).

Ibn Zakāriyā, Abu al-Husain Ahmad Ibn Fāris.Mu’jam Maqāyīs al-Lughah (Beirut: Dār al-Fikr, T.th., J. III).

Imron, Ali.Semiotika Al-Qur’an (Yogyakarta: Teras, 2011).

Mukhoyim, Muhammad.Filsafat Bahasa (Bandung: Pustaka Setia, 2013).

Shihab, M. Quraish.Tafsir Al-Mishbāḥ, Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an (Jakarta: Lentera Hati, 2002, J. XV, Cet. I).

Sunardi dkk, St. Semiotika Negativa (Yogyakarta: Kanal, 2002).

Hamidah dan Ahmad Syadzali, “Analisis Semiotika Roland Barthes Tentang Fenomena Jilboobs”, Jurnal Studi Insania, Vol. IV, No. 2, Oktober 2016.

Yulianti, Frizky. “Komodifikasi Idealisme Feminisme dalam Industri Musik (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Video Klip Beyonce “Run The World”)”, Jurnal Komunikator, Vol. 3, No. 1, Mei 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v5i2.175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 AL-TADABBUR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.