Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Intensi Pembelian Ulang Melalui E-Commerce

Nikita Astria

Abstract


Penggunaan internet untuk aktifitas transaksi bisnis dikenal dengan Electronic Commerce (e-commerce). Hingga saat ini banyak sekali e-commerce didunia, termasuk Indonesia yang bersaing untuk menjadi yang terbaik bagi konsumen. Lazada Indonesia, hanya mampu berada di posisi ke empat jika dibandingkan dengan e-commerce lain. Faktor terpenting yang dapat mendorong konsumen dalam bertransaksi ialah kepercayaan. Selain kepercayaan, penggunaan yang mudah dan dapat memberikan kenyamanan tentu diharapkan oleh konsumen agar dapat menimbulkan intensi pembelian ulang.Oleh karena itu, peneliti melakukan analisis mengenai perilaku konsumen saat berbelanja melalui e-commerce.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan konsumen terkait kepercayaan, kemudahan penggunaan, persepsi kenyamanan, ulang serta bagaimana pengaruhnya terhadap intensi pembelian ulang di Lazada Indonesia.

Penelitian ini bersifat kausal komparatif, dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan analisis statistik menggunakan LISREL. Kuisoner disebar secara online terhadap konsumen Lazada Indonesia dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 400 sampel. Hasil menunjukkan bahwa kepercayaan, dan persepsi kenyamanan konsumen terhadap Lazada Indonesia memiliki kategori cukup baik, persepsi kemudahan penggunaan memiliki kategori baik, sementara intensi pembelian ulang konsumen memiliki kategori buruk. Selain itu, untuk analisis verifikatif ditemukan bahwa kepercayaan, kemudahan penggunaan, dan persepsi kenyamanan berpengaruh signifikan terhadap intensi pembelian ulang baik secara simultan maupun parsial.


Full Text:

PDF

References


Baskara, I. M. A., dan Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Pengaruh Online Trust Dan Perceived Enjoyment Terhadap Online Shopping Satisfaction Dan Repurchase Intention Lazada Indonesia. E-Jurnal Manajemen, 5 (11).

Hasibuan, Afif Hazly. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Internet, Intensitas Komunikasi Peer Group, Status Sosial Ekonomi dengan Intensitas Membaca Buku Pada Remaja Kota Semarang. Jurnal Online Melalui :https: ejournal3.undip.ac.id

Mahkota, Andi Putra. Suyadi, Imam. Riyadi. (2014). Pengaruh Kepercayaan dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 8 No. 2. Jurnal Online Melalui : http:administrasibisnis. studentjournal.ub.ac.id index.php jab article viewFile 359 554

Oktarini, M. A. S., dan Wardana, I. M. (2018). Pengaruh Perceived Ease of Use dan Perceived Enjoyment terhadap Customer Satisfaction dan Repurchase Intention. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 1(2), 227-237.

Puspitasari, I., dan Briliana, V. (2017). Pengaruh Perceived Ease-of-Use, Perceived Usefulness, Trust dan Perceived Enjoyment terhadap Repurchase Intention (studi kasus pada Website Zalora Indonesia). Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 19v(2), 171-182.

Putra, D. A., dan Verinita, V. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Repurchase Intention Konsumen Pada Situs Jual Beli Online Lazada. Co. Id. Jurnal stie semarang, 10 (3), 49-55.

Putra, I. P. A. P. A., Sukaatmadja, I. P. G., dan Giantari, I. G. K. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Terhadap Kepercayaan dan Niat Beli E-ticket pada Situs Traveloka. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana.

Wong, David. (2017). Pengaruh Ability, Benevolence, dan Integrity Terhadap Trust, Serta Implikasinya Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) fakultas Ekonomi UNIAT Vol. 2 No.2, Juni 2017:155-168. ISSN : 2527-7502

Yonaldi, S., dan Defita, F. M. (2019). Analisis Pengaruh Trust, Perceived of Use, dan Perceived Risk terhadap Minat Beli Online Shop Menggunakan Instagram di Kota Padang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 10 (2), 16-23.

Yunita, M., dan Ilhami, M. D. (2019). Pengaruh Trust terhadap Komitmen Pelanggan dalam Membeli suatu Produk (studi kasus Surya Bakery Kebun Tebeng Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Islam, Vol.18. No.1 ISSN:1412-2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/al-qashdu.v1i1.588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed in:
DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR 

Tools:
DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Qashdu: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah
Published by Faculty of Islamic Economics and Business, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate
Jl. Lumba-lumba, Ternate City, North Maluku, Indonesia, 97727
Website: https://www.iain-ternate.ac.id/
Phone: +6281241674617
Email: [email protected]