ARAH PENDIDIKAN ISLAM DAN PENETRASI IDEOLOGI NON ISLAM

Muhammad saleh

Abstract


Pendidikan merupakan tulang punggung sekaligus benteng bagi kemajuan dan eksistensi peradaban semua bangsa di muka bumi.  Pendidikan merupakan tumpuan harapan atas pengembangan manusia dan kemanusiaan, baik individu maupun kelompok sosial masyarakat.

            Heterogenitas bangsa yang memiliki ideologi dan visi serta konsep pendidikan, menjadi salah satu sumber bagi masuknya nilai-nilai dan semangat yang terdapat dalam konten pendidikan yang tidak sedikit bertentangan dengan budaya dan nilai-nilai Islam.  Karena itu pendidikan Islam menjadi solusi alternatif untuk keluar dari masalah tersebut.

Upaya revitalisasi pendidikan Islam harus menjadi prioritas dan pembaruan pendidikan secara substantif dan metodologis mutlak dilaksanakan secara terencana.  Upaya penting ini diharapkan agar umat Islam di Indonesia tidak meniti arah yang salah akibat ekses pendidikan Barat yang jauh bahkan bertentangan dengan nilai-nilai Islam

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aly, Hery Noer dan Munszier Suparta. Pendidikan Islam Kini dan Mendatang (Cet. I). Jakarta: CV. Triasco, 2003.

Azizy, Qodri. Pendidikan (Agama) Untuk Membangun Etika Sosial: Mendidik Anak Sukses Masa Depan: Pandai dan Bermanfaat (Cet. 1). Semarang: Aneka Ilmu, 2002.

Fadjar A. Malik. Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta : Fajar Dunia, 1999.

Maarif, A.Syafii., “Keutuhan dan Kebersamaan dalam Pengelolaan Pendidikan Sebagai Wahana Pendidikan Muhammadiyah”, makalah disampaikan pada Rakernas Pendidikan Muhammadiyah, di Pondok Gede, Jakarta, 1996.

Steenbrink, Karel A., Pesantren Madrasah Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Moderen, Cet. Kedua, Jakarta: LP3ES, 1994.

Sudiro, M. Irsyad., Pendidikan Agama dalam Masyarakat Modern, Seminar dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Pendidikan Luar Sekolah dalam Masyarakat Modern, Cirebon, Tanggal, 30 Agustus – 1 September 1995.

Suroyo, Perbagai Persoalan Pendidikan; Pendidikan Nasional dan Pendidikan Islam di Indonesia, Jurnal Pendidikan Islam, Kajian tentang Konsepo Pendidikan Islam, Problem dan Prospeknya, Volem 1 Tahun 1991, Fakultas Tarbiyah IAIN, Yogyakarta, 1991.

Truna, Dody S. dan Ismatu Ropi. Pranata Islam di Indonesia: Pergulatan Sosial, Politik, Hukum, dan Pendidikan (Cet. I). Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 2002.

Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 1993

Usa, Muslih, ed., Pendidikan Islam di Indonesia: Antara Cita dan Fakta, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.

Wasim, Alef Theria, dkk (ed), Harmoni Kehidupan Beragama: Problem, Praktik dan Pendidikan, Oasis Publisher: Yogyakarta, 2005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 STADIUM