PEMBINAAN BADAN SYARA DAN MANAJEMEN MASJID DI KELURAHAN MAREKU KECAMATAN KOTA TIDORE UTARA KOTA TIDORE KEPULAUAN

Arif Rahman Fitrianto, Ibrahim Muhammad, Fitria Muhammad, Nurlisa Imran

Abstract


Permasalahan yang dihadapi oleh Badan Kesejahteraan Masjid dan Badan Syara’ pada Masjid Jami’ di Kelurahan Mareku Kecamatan Tidore Utara adalah rendahnya pemahaman dalam manajemen pengelolaan Masjid dan rendahnya kompetensi profesi Badan Syara’.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberi solusi terhadap permasalahan yang dihadapi tersebut. Diharapkan setelah palaksanaan kegiatan ini peserta mampu memahami dan menerapkan manajemen pengelolaan Masjid dengan baik dan memahami peran dan tugas bagi petugas Badan Syara’.

Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, diskusi serta problem solving. Setelah pemberian materi melalui ceramah, peserta diharapkan mampu menerapkan konsep manajemen pengelolaan masjid dan pemahaman mendasar tentang tugas dan tanggungjawab petugas Badan Syara’.

Hasil dari pelatihan ini adalah terciptanya petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dalam manajemen pengelolaan masjid dan job deskripsi Petugas Badan Syara’ di lingkungan Masjid Jami’ di Kelurahan Mareku Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepualauan. Selain itu, dari pelaksanaan kegiatan ini dapat menjadi acuan bagi Dosen maupun praktisi Badan Kesejahteraan Masjid dan Badan Syara’ di tempat tempat lainnya.

Kata Kunci: Manajemen Masjid, Badan Syara’, Badan Kesejahteraan Masjid

References


Ahmad Yani, “Panduan Memakmurkan Masjid,” (Cet. 1, Jakarta: Gema Insani Press, 2009)

Ahmad Rifa’i, Revitalisasi Fungsi Masjid dalam Kehidupan Masyarakat Modern, https://jurnalfuda.iainkediri.ac.id/index.php/universum/article/view/758/525

Barit Fatkur Rosadi, Jurnal An Nur, Vol. VI No. 1 Juni 2014, 132 -151

Nurdin dan Mahsyar Idrus, Pengaruh Tingkat Pendidikan Petugas Syara’ Terhadap Pelaksanaan Tugas Dalam Memkmurkan Masjid di Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidrap, Jurnal Istiqra’,( Vol II Nomor 1 September 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/arc.v4i1.966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.