PENYULUHAN PENTINGNYA KESEIMBANGAN GIZI DAN GARAM BERYODIUM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BALITA UNTUK MENCEGAH STUNTING

Ati Yuniati, Sepriyadi Adhan S, Pangestu Prasetyo, Dea Aulia Putri, Chintia Sindi Chania Primadani, Khoirun Nisa Thalita Prasetia, Grahito Satria Anggara

Abstract


Masa balita adalah periode emas tumbuh kembang seorang anak. Pada masa ini juga terdapat berbagai masalah gizi yang dapat menyebabkan stunting. Beberapa pnyebab stunting adalah kekurangan gizi dan garam beryodium. Oleh karena itu perlu dilakukan penyuluhan pentingya keseimbangan gizi dan garam beryodium terhadap pertumbuhan balita. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan model deskriptif. Hasilnya, masyarakat menerima pemahaman dan wawasan baru tentang penyebab dan bahaya stunting, kebutuhan gizi pada balita dan manfaat penggunaan garam beryodium. Selain itu, masyarakat dapat memaksimalkan bahan-bahan sederhana yang ada dirumah dalam memenuhi kebutuhan gizi pada balita, sehingga resiko terjadinya stunting dapat berkurang. Artikel ini juga berkontribusi dalam keilmuan gtizi dan kesehatan serta praktik dan strategi pengimplementasian poin SDGs.


References


Daftar Referensi

Akhiruddin, M. 2011. Analisis Kadar Kalium Lodat (Klo3) Dalam Garam Dapur Dengan Menggunakan Metode Iodometri Yang Beredar Di Pasar Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Universitas Ilsam Negri Sultan Syarif Kasim Riau. Riau.

Azizah, N.E., Wardhani. R.K. 2020. Gerakan kader posyandu sadar stunting di Desa Ringinpitu Kecamatan Plemahan. Journal Of Community Engangement in Health, 2(3), 229-232.

Darmawan, F.H. & Eva, N.M.S.2015. Hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan perilaku pemberian MPASI yang tepat pada bayi usia 6-12 bulan di Desa Sekarwangi Kabupaten Sumedang. Bidan Midwife Journal, 1(2).

Ibrahim, I.A., Raodhah, S., Syarfaini, S., & Syahraini, S. 2018. Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan garam beryodium ibu rumah tangga di Kelurahan Pallengu Kabupaten Janeponto. Al-shihah : The Public Health Science Journal, 10(1), 26-36.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Promosi Kesehatan di Daerah Bermasalah Kesehatan. Jakarta.

Rahmiati, B.F. 2019. Upaya perbaikan status gizi balita melalui sosialisasi menu MP-ASI sesuai usia balita di Kecamatan Gunungsari. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 138-145




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/arc.v4i1.925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.