PELATIHAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN BRAND CANVAS UNTUK MENUMBUHKAN MINAT DAN KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA SEJAK USIA DINI PADA FORUM ANAK KECAMATAN CIPAYUNG

Moehammad Shadiq Helmy, Angestika Wilandari, Viani Naufalia, Vicky Windasari

Abstract


Pentingnya wirausaha sejak dini menjadi suatu hal yang tidak bisa dihiraukan begitu saja, saat ini sudah menjadi hal wajib di seluruh elemen dalam mengembangkan kewirausahaan. Bagi anak-anak remaja tentunya hal ini menjadi pendidikan yang akan membentuk pola pikir mereka untuk lebih kreatif dan adaptif dan menjadi bekal kelak ketika beranjak dewasa. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman dan penyuluhan kepada Forum Anak Kecamatan Cipayung, RPTRA Gebang Sari, Jakarta Timur tentang pelatihan mengenal dan menerapkan Business Model Canvas dan Brand Canvas agar menjadi strategi alternatif bagi mereka yang akan memulai bisnis. Dalam hal ini salah satunya akan memberikan pemahaman bagaimana setiap anak-anak dapat memulai bisnis dengan mengenal prinsip SWOT dan menerapkannya dengan Model Canvas. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu pemaparan, edukasi, sesi sharing dan studi kasus. Pelatihan dilaksanakan dengan tatap muka secara langsung dengan peserta dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Diharapkan setelah dilakukannya kegiatan pengabdian ini, para peserta memiliki pengetahuan dan wawasan serta kemampuan dalam memulai wirausaha sehingga dapat menjadi wirausaha yang mandiri, kreatif dan inovatif.


References


Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang. Jurnal Ketahanan Pangan, 2(1), 66–75.

Ita, A., Ety, S., & Andi, N. (2018). Penerapan Business Model Canvas ( Bmc ) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ketahanan Pangan, 2(1), 66–75.

Ivan, E., Sari, N. A., Mandala, W., & Hendrawan, D. A. (2022). Penyuluhan Kewirausahaan & Workshop Perencanaan Bisnis Menggunakan Business Model Canvas ( Bmc ) Di Smk Negeri 1 Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Literasi, 2(2), 1256–1267.

Jamira, A., Febriani, Y., & Amali, M. (2021). Business Model Canvas (BMC): Sebuah Pendekatan Dalam Mendorong Mindset Kewirausahaan. 205–214. https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5169

Kurniasari, F. (2022). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini pada Anak-Anak Panti Asuhan ‘ Aisyiyah Tunas Harapan Kota Pontianak. Buletin Aribaath, 19, 191–194.

Ratna, R., Sari, N., Hariyani, T., Arisanti, P., Kusumawati, Y., Prasetyo, E., Supriyadi, S. G., Astari, I. Y., Manajemen, P. S., Kediri, U. K., Akuntansi, P. S., Kediri, U. K., & Asuhan, P. (2021). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Usia Dini di Panti Asuhan Ar-Risalah Hidayatullah. Jurnal Abdikmas UKK, 2(1), 66–71.

Rukka, M. R. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis Keripik Bayam (Amaranthus hybridus) Dengan Pendekatan Business Model Kanvas: Studi Kasus pada CV. OAG di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sosial Ekonomi Dan Pertanian, 14(1), 1–14.

Satyarini, R., & Palesangi, M. (2012). Analisis Peluang dan Tantangan pada Paguyuban Cahaya Terang sebagai UKM Pengrajin Kulit di Sukaregang Garut. Jurnal Bina Ekonomi Majalah Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan, 16(2), 28–42.

Wahyuni, S. (2021). Strategi Bussiness Model Canvas (BMC) Bagi Pelaku Usaha Samarinda Dalam Upaya Pengembangan Brand Dan Digitalisasi Produk. Jurnal Pustaka Mitra, 1(2), 81–86.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/arc.v3i2.844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.