PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA PBS IAIN TERNATE DALAM PENGOLAHAN DATA STATISTIK MENGGUNAKAN APLIKASI SPSS. DAN PENULISAN KARYA ILMIAH

Sindi R.Saleh, Sumaira Ilham, Septiamira Septiamira, Aras Lasapo, Fatimatuzahra M Kasuba, Sandita Imran, Ferbrianisa Yusup

Abstract


Pelatihan yang dilakukan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat pada mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan perangkat lunak statistik, khususnya Statistical Product for Service Solutions (SPSS). Kegiatan ini juga melibatkan pelatihan dalam teknik penulisan karya ilmiah. Penelitian awal menunjukkan bahwa tingkat pemahaman dan kemampuan mahasiswa terhadap SPSS masih rendah, yang dapat disebabkan oleh kurangnya informasi dan pelatihan yang memadai.Pelatihan dilaksanakan melalui metode survey untuk memetakan tingkat pengetahuan mahasiswa dan penyusunan materi pelatihan, yang mencakup penggunaan SPSS dan teknik penulisan karya ilmiah. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap SPSS, termasuk kemampuan menjalankan program, menginterpretasikan hasil, dan membuat analisis statistik yang lebih mendalam. Selain itu, mahasiswa juga diberikan pengetahuan tentang teknik penulisan karya ilmiah yang baik dan benar.Dengan melibatkan dua narasumber yang membahas SPSS dan teknik penulisan karya ilmiah, pelatihan ini menciptakan suasana belajar yang holistik. Evaluasi akhir menunjukkan partisipasi aktif mahasiswa, tingkat antusiasme yang tinggi, serta kemampuan yang lebih baik dalam pengolahan data statistik dan penyusunan karya ilmiah. Kesimpulannya, pelatihan ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas riset dan karya ilmiah mahasiswa, menciptakan dasar yang kuat untuk pengembangan lebih lanjut di bidang penelitian dan akademis

References


Adiyana Adam. (2023). INTEGRASI MEDIA DAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Amanah Ilmu, 3(1), 13–23.

Pardin.Adiyana Adam. (2023). Number Head Together Cooperative Learning Model to Improve Student Learning Quality at Madrasah Aliyah Negeri Pulau Taliabu Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together untuk. Socio-Economic and Humanistic Aspects for Township and Industry, 1(1), 110–119.

Aini, A. (2007). Sistem Informasi Geografis Pengertian dan Aplikasinya. Diakses Dari http://stmik. amikom. ac. id/[Diakses 24 Maret 2013].

Asmawan, A. (2017). Analisis kesulitan mahasiswa menyelesaikan skripsi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 51-57.

Cahyono, D., Naheria, N., & Fauzi, M. S. (2021). Pelatihan Pengolahan Data Penelitian Berbasis Software JASP dan SPSS bagi Mahasiswa FKIP Universitas Mulawarman Kalimantan Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 421-426.

Fauziah, F., & Sandaya Karhab, R. (2019). Pelatihan pengolahan data Menggunakan aplikasi SPSS pada mahasiswa.

Hadi, S. (2005). Statistik Jilid 2, Yogyakarta: Andi Offset.

Kiha, E. K., & Nafanu, S. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Statistik Dengan Menggunakan Aplikasi Program Spss Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Timor Demi Meningkatkan Kualitaskarya Ilmiah Mahasisa. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 4(1), 41-51.

Lian, B. (2019, July). Tanggung jawab Tridharma perguruan tinggi menjawab kebutuhan masyarakat. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Nurhalim, A. D., & Puspita, S. (2022). PELATIHAN SPSS PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR JURUSAN AKUNTANSI DAN MANAJEMEN SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI WIYATAMANDALA. Jurnal Abdi Mandala, 1(2), 38-45.

Patmawati, H., & Santika, S. (2017, February). Penggunaan Software Microsoft Excel sebagai Alternatif Pengolahan Data Statistika Penelitian Mahasiswa Tingkat Akhir. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 124-129).

Santoso, S. (2016). Panduan lengkap SPSS versi 23. Elex Media Komputindo.

Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342-36

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D

Sutopo, E. Y., & Slamet, A. (2017). Statistik inferensial. Penerbit Andi.

Suratmi, S., Purwaningsih, S. S., Sartika, E., & Suryani, A. (2018). Statistika untuk Pengolahan Data Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di SMP Rayon Bandung Selatan. Jurnal Difusi, 1(1).

Wahyuni, M. (2020). Statistik Deskriptif Untuk Penelitian Oleh Data Manual dan SPSS Versi 25.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/arc.v4i2.1193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.