SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH I’DADIYAH PADA PONDOK PESANTREN DDI MANGKOSO KABUPATEN BARRU

firdaus firdaus

Sari

Pokok masalah dari penelitian ini adalah bagaimana sistem pembelajaran Bahasa Arab pada Program Madrasah I’dadiyah Pondok Pesantren DDI Mangkoso Kabupaten Barru tahun ajaran 2017-2018? Pokok masalah tersebut kemudian dirumuskan dalam pertanyaan penelitian, yakni: Bagaimana sistem pembelajaran Bahasa Arab pada Program Madrasah I’dadiyah Pondok Pesantren DDI Mangkoso Kabupaten Barru tahun ajaran 2017-2018 dan faktor-faktor apa yang mendukung sistem pembelajaran Bahasa Arab pada Program Madrasah I’dadiyah Pondok Pesantren DDI Mangkoso Kabupaten Barru tahun ajaran 2017-2018. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologis dan pendekatan linguistik. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Lalu, teknik pengolahan dan analisis data yang dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan sistem pembelajaran Bahasa Arab pada Program Madrasah I’dadiyah Pondok Pesantren DDI Mangkoso mencakup tujuh komponen sistem: 1) Tujuan pembelajaran; 2) Materi pembelajaran; 3) Peserta didik; 4) Tenaga pengajar; 5) Metode pembelajaran; 6) Sarana dan prasarana; dan 7) Evaluasi. Kedua, terdapat beberapa kegiatan yang mendukung penerapan sistem pembelajaran Bahasa Arab pada Program I’dadiyah: 1) Pengajian kitab kuning setiap selesai Salat Magrib; 2) Pekan muharram dan haflah khataman adalah kegiatan penunjang peningkatan kemampuan bahasa arab santri i’dadiyah; 3) Takhas}s}us nahu; 4) Lomba baca kitab kuning; 5) Santri diasramakan sehingga mudah dikontrol; 6) Muzakarah setiap malam; 7) Setelah salat witir ada pemberian mufradat; dan 8) Setelah Salat Asar penyetoran kosakata.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi

‘Abd al-‘Azi

Arsyad, Azhar. Madkhal ila< Turuq Ta’l

------- Bahasa Arab dan Metode Pembelajarannya, Cet. I; Makassar: Pustaka Pelajar, 2003.

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, cet. III; Bandung: Alfabeta, 2009. Bagus Lorens, Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia, 1996.

Baharuddin, Uril. Pengembangan Kompetensi Paedagogik Dosen Bahasa Arab Perguruan Tinggi Indonesia; Studi Multikasus di Pusat Pembelajaran Bahasa UIN Maliki Malang, Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Negeri Malang. Disertasi, Pascasarjana UIN Maliki Malang, 2012.

Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Cet.

XI; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014.

Kementrian Agama RI, al-Qur’an dan Terjemahnya, Diterjemahkan oleh Yayasan Penyelenggara Penerjemah al-Qur’an. Semarang: PT. Toha Putra, 2002.

-------, Pedoman Pembelajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi Islam/IAIN. Jakarta: Proyek Pembangunan Sistem Pendidikan Agama, 1977.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Rapi, Muh. Pengantar Strategi Pembelajaran. Alauddin University Press: Makassar, 2012.

Rosyidi, Abd Wahab & Mamlu’atul Ni’mah. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN-Maliki Press, 2011.

Rusman, Model-model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Pengajar. Cet. VI; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.

Said Ahmad Rasyid A., Sejarah Pondok Pesantren Darud Da’wah Wal Irsyad DDI Mangkoso Sulawesi Selatan, pondok pesantren DDI mangkoso sulawesi selatan.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Cet. VIII; Jakarta: Kencana, 2011.

-------perencanaan & desain sistem pembelajaran. Cet. VII; Jakarta: Kencana, 2015.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Cet. V; Jakarta: Sinar Grafika, 2013.

Uno Hamzah B., Perencanaa Pembelajaran, Cet. VI; Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.