ANALISIS IMPLEMENTASI METODE CERAMAH, DISKUSI DAN TANYA JAWAB DI SMA NEGERI 1 MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG, INDONESIA

Agus Agus

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Marioriwawo, implementasi metode tanya jawab pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Marioriwawo di SMA Negeri 1 Marioriwawo Soppeng dan imlementasi metode diskusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Marioriwawo. Mengacu pada permasalahan, maka penelitian ini adalah field research dengan menggunaan analisis deskriptif dan inferensial. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan multidisipliner yaitu teologis normatif, pedagogis, dan psikologis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner (angket), wawan-cara, observasi dan dokumentasi. Penetapan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh untuk guru, dan teknik stratified random sampling bagi peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan inferensial dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; a. Implementasi metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Marioriwawo berada pada kategori positif karena intervalnya berada antara 60-100%, yakni 62,5% b. Implementasi metode tanya jawab pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Marioriwawo di SMA Negeri 1 Marioriwawo Soppeng berada pada kategori positif karena intervalnya berada antara 60-100%, yakni 62,5%. c. Imlementasi metode diskusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Marioriwawo berada pada kategori positif karena intervalnya berada antara 60-100%, yakni 62,5%.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Cet. VI; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Jumanatul “Ali-Art, 2005.

Roziqin, Muhammad Zainur. Moral Pendidikan di Era Global Pergeseran Pola interaksi Guru murid di Era Global Pergerseran Pola Interaksi guru Murid di Era Global. Cet. I; Malang: Averros Press, 2007.

Sanjaya, Wina. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Cet. II; Jakarta: Kencana, 2006.

Syar’i, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Pustaka Firdaus, 2005.

Tohirin. Psikologi Pebelajaran Pendidikan Islam: Berbasis Integrasi dan Kompetensi. Cet. II; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Cet. III; Yogyakarta: Graha Guru Printika, 2011.

Usman, Basyiruddin. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Cet. I; Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.