KONTRIBUSI PENGGUNAAN GADGET PADA PERILAKU DAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA SDN 2 WAIRORO INDAH

Siti Susia Gafar

Sari


Abstrak

Kemajuan era revolusi industri 4.0, terutama kemajuan dalam teknologi komunikasi termasuk gudget, membuat masyarakat secara umum maupun masyarakat sekolah atau siswa harus menyesuaikan diri untuk beradaptasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengnalisis kontribusi penggunaan gadget pada perilaku dan prestasi belajar PAI siswa SDN 2 Wairoro Indah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilaksanakan. Informan pada penelitian ini berasal dari pengawas pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Halmahera Tengah, Guru Mata pelaran PAI dan Guru Mata pelajaran yang lain, serta orang tua peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam hal ini gudget dapatĀ  memberikan kontribusi yang signifikan dalam proses pemeblajaran. Para siswa merasa sangat senang oleh karena mereka dapat memperoleh materi pembelajaran dari media sosia, mereka dapat mengulangi mempelajari mterinya secara berulang-ualng di rumah maupun di mana saja. Nilai yang diperoleh sebelum dan sesudah penggunaan gudget menjadi lebih baik. Para guru juga dapat menyiapkan materi pembelajaran lebih mudah, termasuk dalam proses pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


LexyJ.Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.2001

Majid, Abdul, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agam aislam, Bandung:Remaja Rosdakarya. 2012

Mansur Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Krisis Multimedia Nasional, Jakarta, PT Bumi Aksara.2011

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.Muhaimin,Paradigma Pendidikan Islam : Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung:RemajaRosdakarya.2012

Muhamimin,Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.2005

Ngainun, Naim, Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu Dan Pembentukan Karakter Bangsa, Jogjakarta: Arruz Media.2012

Qodri Azizy, Pendidikan Untuk Membangun Etika Sosial (Mendidik AnakSukses Masa Depan: Pandai dan Bermanfaat), Semarang: Aneka Ilmu, cet.V.2013

Saumur,, Amanan Soleman Kontribusi Masyarakat Terhadap Pengembangan Islam di Maluku Utara,Ternate: IAIN Ternate Press,Cet I,2021

Tafsir, Ahmad ,Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.2004

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Nomor 20 Tahun 2003), Bandung:Fokusmedia, 2003.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##