PENGARUH GEDGET DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP AKHLAK SISWA SD NEGERI 1 TOMOLOU KECAMATAN TIDORE SELATAN KOTA TIDORE KEPULAUAN

Ade Hasan, Agustang Kallang

Sari

Salah satu kemajuan teknologi saat ini yang sangat pesat mengalami peningkatan dan mampu mempengaruhi manusia adalah gadget. Penggunaan gadget kini tidak hanya sekedar digunakan sebagai alat komunikasi, namun sudah menjadi tren dan gaya hidup yang harus dimiliki setiap orang. Pengguna gadget kini tidak hanya digunakan oleh kalangan dewasa, tetapi juga remaja dan anak-anak yang menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan gadget sangat mampu memberikan dampak yang positif juga negatif apabila manusia kurang mengatur atau mengontrol penggunaan gadgetnya. Apalagi penggunaan gadget pada kalangan anak-anak yang tidak disertai dengan peran perhatian orang tua mengatur dan mengontrolnya. Rumusan dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan gadget dan perhatian orang tua dapat mempengaruhi akhlak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget dan perhatian orang tua terhadap akhlak serta pengaruh penggunaan gadget secara tidak langsung terhadap akhlak yang dimediasi oleh perhatian orang tua . Penelitian ini dilakukan terhadap 100 responden di SD Negeri 1 Tomalou Kecamatan Tidore Selatan Kota Tidore Kepulauan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda serta bantuan software SPSS16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel penggunaan gadget dan perhatian orang tua secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap akhlak, kedua variabel tersebut secara simultan mempengaruhi akhlak siswa dengan jumlah persentase 58,3% serta perhatian orang tua mampu memediasi pengaruh penggunaan gadget terhadap akhlak siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa betapa pentingnnya perhatian orang tua dalam mengontol dan mengatur aktivitas anak setiap harinya sebab mampu kurangnya perhatian dan kesadaran diri dari anak dalam penggunaan gadget akan sangat mempengaruhi akhlaknya

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi

Abdul Munir Mulkhan., Kiai Ahmad Dahlan Jejak Pembaharuan Sosial dan Kemanusiaan (Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2010).

Abu Ahmadi., Psikologi Umum (Jakarta: Rineka Cipta, 2009).

Abuddin Nata, Perspektif Islam tentang Pola Hubungan Guru Murid Studi Pemikiran Tasawuf Al Ghazali (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001).

Abuddin Nata., Akhlak Tasawuf (Jakarta: PT.RajaGrafindoPersada, 2006).

Ahmad Salman “ Pendidikan Karakter; Fungsi Utama Revolusi Mental Anak Bangsa” (Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate),.hlm.119

Agusli, R. Panduan Koneksi Internet 3G & HSDPA di Handphone & Komputer, Jakarta: Media kita, 2008.

Artikelbagus, “Pengertian Arti Gadget, 2013”, http://www.ikerenki.com/2013/09/pengertian-arti-gadget.html (diakses tanggal 1januari 2022).

at-Tirmizi, Abi ‘Isa Muhammad bin ‘Isa Bin Saurah. Sunan Tarmizi. Indonesia: Maktabah Rihlan, t.t.

Balqis, U: Bukan Ibu Biasa, (Jakarta. Qultum Media, 2015). Damanhuri Basyir, ilmu tasuf (banda aceh:yayasa pena, 2005).

Departemen Agama Republik Indonesia,Al-Quran &Terjemahannya.

Desi, Linawati., “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Akhlak Siswa di SMK Negeri 1 Kras Kediri”.

Erwin, Yudi Prahara., Materi Pendidikan Agama Islam (Yogyakrta: Stain PO Press, 2009).

H.A. Mustafa, Akhlak Tasawuf.

Heri, Jauhari Muchtar., Fikih Pendidikan, Cet. I; Bandung : PT Remaja Rosda Karya,2005).

Husain, Mazhahiri., Pintar Mendidik Anak (Jakarta: Lentera, 2002). Ibid., hlm. 146-147.

Ibn Majah, Abu Abdillah Muhammad Ibnu Yazid al-Qazwiniy, Sunan Ibnu Majah. Ttp.: Isa al-Babiy al-Halabiy, tt

Ida Laela dengan judul “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Akhlak Siswa Kelas VIII di SMPI Yapkum Depok”.

Iswidharmanjaya, D & Agency, B. 2014. Bila Si Kecil Bermain Gadget. Yogyakarta.Bisakimia.

Ismail Radjiman.”Pembelajaran Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini”.,hlm.2 Juditha, C. 2011. Hubungan Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Remaja di Kota Makassar. Jurnal Penelitian IPTEK- KOM 13 (1): 1-23.

Kursiwi, “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Semester V (Lima) Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatulah Jakarta” , Skripsi pada Sekolah Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta, 2016, tidak dipublikasikan.

Kusdwiratri, Setiono., Psikologi Keluarga, Bandung: PT Alumni, 2011.

M. Hafiz Al-Ayouby (2017) dalam skripsinya menulis tentang “Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini (Studi di PAUD dan TK.

Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006).

Nurlaelah Syarif, Pengaruh Perilaku Pengguna Smartphone Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK IT Airlangga Samarinda, (eJurnal Ilmu Komunikasi Univ. Mulawarman).

Rida Hannum Hsb (2017). ” Pengaruh Perhatian Orangtua terhadap Akhlak Anak Di Lingkungan III Banjar Raja Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas”

Rika Widya (2020). “ Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak Usia Dini dan Penanganan di PAUD Ummul Habibah“

Rozalia, (2017)., “Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar. http://ejournal.umm.ac.id (Diakses pada tanggal 7 Januari 2022).

Sadam, S., “Gadget Mempengaruhi Perilaku Sosial” http://www.academia.edu/11522 586/GADGET_MEMPENGARUHI_PERILAKU_SOSIAL (diakses pada tanggal 4 Januari 2022)

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadi, Suryabrata., Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002. Yunahar, Ilyas., Kuliah Akhlak, Yogyakarta: LPPI, 2009.

Zakiah, Daradjat., Pendidikan Agama Islam, Jakarta :Bulan Bintang, 1984.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.