IMPLIKASI SERTIFIKASI PROFESI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 HALMAHERA UTARA

Rahmad Hamdja

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendiskripsikan eksistensi sertifikasi Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Utara serta implikasinya. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini yaitu; Kepala madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Utara sebagai penanggung jawab, guru sebagai tenaga pengajar, Tenaga tata usaha, dan siswa/siswi sebagai penerima pengajaran. Insterumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembaran catatan pengamatan, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) eksistensi sertifikasi guru berpengaruh terhadap keprofesionalan mengajar (2) Sertifikasi profesi guru menyebabkan motivasi mengajar guru meningkat, cara mengajar guru menjadi lebih bervariasi dan
kreatif, pemahaman guru serta cara pandang semakin lua. Guru juga memiliki
pengetahuan baru dari hasil sertifikasi misalnya pemahaman mengenai administrasi
sekolah.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi

Astim Riyanto, Pendidikan Profesi Guru Indonesia Dari Perspektif Hukum (Mimbar

Pendidikan Jurnal Kependidikan; Bandung: UPI Pres, 2008), h.24

Imam Wahyudi, Mengejar Profesionalisme Guru, Strategi Praktis Mewujudkan Citra

Guru Profesional, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012), h. 14

Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan

Tenaga Kependidikan,“Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Profesi

Guru”Buku II h.3 dalam database www.dadangjsn.com.pdfdiunduh 26/07/ 2020

Kunandar, Guru Profesional Impelementasi Kurikulum Tingkat Pendidikan (KTSP) dan

Sukses dan Sukses dalam sertifikasi Guru Bandung: Bumi Persada 2009), 79

Nurdin Muhammad, Kiat Menjadi Guru Profesional (Yogyakarta: Ar-ruzz Media Group,

, h.11

Payong Marselus R, Sertifikasi Profesi Guru; Konsep Dasar, Problematika, dan

Impelementasinya. Jakarta Barat: PT Indeks, 2011), h. 63.

Saputra Maskhur Dwi, Abigail Josephine Kusumatuty, Reza Taufiq Digara. 2017.

Pemberdayaan Guru Melalui Teacher Research Pedagogic (TRP) Sebagai Upaya

Mengembangkan Profesionalisme Guru. Seminar Nasional 2017.

Triyono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. 1 (Penerbit Ombak: Yogyakarta, 2013).

h.44

Yamin M, Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. (Jakarta: Gaung Persada Press.

, 2.

Zen Muhammad, Kiat Sukses Mengikuti Sertifikasi Guru. Malang Jawa Timur: Cakrawala

Media Publisher, 2010), h. 13

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.