Analisis Jenis-jenis Bahan Ajar dalam Proses Pembelajaran

Syamsu Nisa Lestari Marhadi, Agustang K., Humairah Upuolat, Nurul Azmi Alting, Rusli Hasan

Sari

Artikel ini membahas berbagai jenis bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Arab. Bahan ajar merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran bahasa, dan beragam jenisnya. Bahan ajar didefinisikan sebagai materi yang disusun secara sistematis yang digunakan oleh pendidik dan peserta didik dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan pengetahuan. Terdapat dua kategori utama dalam jenis-jenis bahan ajar, yaitu bahan ajar cetak dan non cetak. Bahan ajar cetak mencakup berbagai bentuk seperti handout, buku teks, modul, brosur, dan lembar kerja siswa. Bahan-bahan ini sering digunakan dalam pengajaran tradisional di mana peserta didik menerima materi cetak sebagai referensi dan panduan pembelajaran. Sementara itu, bahan ajar non cetak seperti, multimedia interaktif, video, audio, animasi, atau presentasi visual. Jenis-jenis ini memanfaatkan teknologi untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan mendalam. Mereka dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dan memberikan metode pembelajaran yang lebih dinamis. Dengan berbagai jenis bahan ajar ini, pendidik memiliki fleksibilitas untuk memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi peserta didik. Penyediaan variasi dalam bahan ajar dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan membantu mencapai tujuan pendidikan dengan lebih baik.

Kata kunci: Bahan Ajar, Pengembangan, Bahasa Arab

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Acehfile:///C:/Users/INE/Desktop/MESAC/TERCER SEMESTRE/EDUCACION PARA LA SALUD/Using education theory to design a patient e-health education.pdf, ‘Pengertian Jenis-Jenis Dan Karakteristik Bahan Ajar’, 2507.February (2020), 1–9.

E. Kosasih, Pengembangan Bahan Ajar, Jakarta:2020

Fauzan.Ina Magdalena and others, ‘Analisis Bahan Ajar’, 2, 311–26.

Fauzi, Moh. Fery & Irma Anindiati, E-Learning Pembelajaran Bahasa Arab, Malang :2020

Hamid and others. Khairi Abu Syairi, ‘Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab’, Dinamika Ilmu, 13.1 (2013), 51–66 .

Masitow Arni Siregar, pengembangan Bahan Ajar Translation, Medan:2018

Muhammad Syaifullah and Nailul Izzah, ‘Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab’, Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3.1 (2019), 127 .

Muhammad Ajyad and Kamal Yusuf, ‘Lingkungan Berbahasa Arab Sebagai Instrumen Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Untuk Pelajar Pemula’, An-Nas, 6.2 (2022), 21–31 .M Abdul Hamid and others, ‘Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme Untuk Mahasiswa Arabi : Journal of Arabic Studies’, Journal Imla, 4.1 (2019), 100–114.

Moh. Fauzan, ‘Teori Dan Penerapan Pengembangan Bahan Ajar Sintaksis Bahasa Arab Berdasarkan Metode Induktif’, Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5.5 (2019), 362–76 .

Nasruddin, Dkk, pengembangan Bahan Ajar, Sumatra Barat:2022

Susilawati, Siti Azizah, Muhammad Musiyam & Zaid Ali Wardana, Pengembangan Bahan dan Media Ajar, Jawa tengah:2021

S Nasution and others, ‘Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar’, Pendidikam, 3.1 (2017), 1–62 .

Zaid Ali Wardana siti azizah susilawati, Dr muhammad musiam, Pengembangan Bahan Dan Media Ajar.9

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.