ANALISIS PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI MAN 1 HALMAHERA TENGAH

Agus Agus, Indo Esse

Sari


Sekolah memiliki peranan penting dalam membentuk kepribadian dan tingkah laku moral anak dengan menanamkan nilai–nilai agama sehingga tercipta insan yang religius pada anak. Usaha sekolah sebagai lembaga pendidikan untuk membina akhlak siswa, salah satunya dengan membentuk kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kebijakan Ekstrakurikuler Keagamaan di MAN 1 Halmahera Tengah. Penelitian ini tergolong jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Adapun pendekatan yang digunakan yakni pendekatan survey kemudian data dikumpulkan melalui penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan mencari frekuensi persentase. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kebijakan Ekstrakurikuler Keagamaan Siswa di MAN 1 Halmahera Tengah berada pada kategori Cukup Baik karena interval nilainya berada antara 40,5-60% yakni 56%.

Kata Kunci: Kebijakan, Ekstrakurikuler, Keagamaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus, A. (2022). Analisis Implementasi Metode Ceramah, Diskusi Dan Tanya Jawab Di SMA Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng, Indonesia. Amanah Ilmu, 2(1), 15-22.

Arikunto, Suharsimi. (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet. 13; Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Baharudin, B., Buamona, N., Asmiraty, A., Mubin, H., & Tomagola, R. (2023). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pelaksanaan Tradisi Ratib Pada Masyarakat Kota Tidore. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 681-695.

Daradjat, Zakiyah. (2005). Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang.

Hajjaj, Muhammad Fauqi (2013)Tasawuf Islam Dan Akhlak. Cet 2. Jakarta: AMZAH.

Hamalik, Oemar. (1992) Administrasi dan Supervisi Pengembangan kurikulum, Bandung : Mandar Maju.

HD, Kaelany,(2000) Islam dan Aspek-Aspek Kemasyrakatan, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

https://cendikia.kemenag.go.id/storage/uploads/file_path/file_15-10-2020_5f883fa2de760.pdf

Kurniawan, Agung Widhi Metode Penelitian Kuantitatif. Jogyakarta: Pandiva Buku.

Noor, Rohimah M. (2012) The Hidden Curriculum (Membangun karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler), Yogyakarta : Insan Madani.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. (2014) Jakarta: Depdiknas RI.

Ramayulis. (1990) Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta : Kalam Mulia.

Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sujono, Anas. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan.

Suryosubroto. (2009) Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Suryosubroto. (2009) Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Syekh Nuruddin Muhammad Jaelani, Kitab Sabilal Muhtadin, Jilid 2, hal. 21.

Zein, M. (2019). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Active Learning.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##