Dampak Media Sosial TikTok terhadap Pola Belajar Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa IAIN Ternate)

Febriyanti Khantohe, Adiyana Adam, Agus Agus, Kausar Rusmin, Wahyudi Huran

Sari

Akibat perkembangan hal-hal baru, termasuk jejaring sosial, perkembangan jejaring sosial terus menarik perhatian khalayak dalam dan luar negeri. Dengan berkembangnya media sosial, masyarakat manusia terus mengalami dampak yang signifikan terhadap evolusinya, berubah dari masa lalu dan menjadi aturan publik sendiri. TikTok adalah salah satu jejaring sosial yang sedang mendapat perhatian dan digandrungi oleh banyak orang saat ini, terutama remaja.Pelajar remaja menyaksikan era dan perkembangan TikTok, yang telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. TikTok saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna dan memiliki 4,4 bintang dan 9 juta review di aplikasinya di Appstore atau Playstore. TikTok sekarang memiliki pengaruh transformasional pada siswa. TikTok adalah salah satu situs media sosial tercepat di dunia.Pada aplikasi TikTok terdapat animasi atau editan yang digunakan pengguna untuk menggambarkan hal-hal disekitarnya dengan membuat berbagai video dan foto.Bagi kalangan pelajar, TikTok sudah sangat familiar dan menjadi alat konsumen untuk membuat konten tertentu, baik laki-laki maupun perempuan menggunakan TikTok dalam kehidupan sehari-hari, tentunya hal ini berdampak sangat serius terhadap cara mereka belajar.

Kata kunci : Mahasiswa, Media Sosial, Tik-tok

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Adiyana Adam. Aji Joko Budi Pramono. Siti Nurul Bayti. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 1st ed. Jakarta: Akademia Pustaka., 2023.

Adiyana Adam. “Journal of Contemporary Issue in Elementary Education ( JCIEE ) Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Journal of Contemporary Issue in Elementary Education (JCIEE) 1, no. 1 (2023): 29–37.

———. “Perkembangan Kebutuhan Terhadap Media Pembelajaran.” Foramadiahi, Jurnal Kajian Pendidikan & Keislaman 8, no. 1 (2016): 5–6.

Alamin, Zumhur and Randitha Missouri. “PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PENDUKUNG PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan (2023): n. pag.

Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice-Hall, Inc

Fatimah Azzahra dan Lisa Gabriella Rapa (2022) ,Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurnal EDUSTUDENT Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 1(3):188. DOI. 10.26858/edustudent.v1i3.32890, April 2022

Kirschner, P. A., & Karpinski, A. C. (2010). Facebook® and academic performance. Computers in Human Behavior, 26(6), 1237-1245

Keisha Fathika Absyari, Melani Rahmalia Wibowor,(2023) Penggunaan Media Sosial dalam Minat Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Proceeding SeminaR Nasional Tahun 2023. ISSN.1234-5678

Mezirow, J. (1991). Transformative dimensions of adult learning. Jossey-Bass.

Pratiwi, Sindi. “PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE SISWA SMA DI KOTA BANDUNG.” (2017).

Setiawan, H., Oktaviana, H., Andawas, F. D. D., Zulkarnaen, M. N., & Saripah, W. (2022). Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Pola Belajar Mahasiswa. Jurnal Digital Bisnis, Modal Manusia, Marketing, Entrepreneurship, Finance, & Strategi Bisnis (DImmensi), 2(1), 28-34.

Siti Hafsah (2018). Skrisi : Pengaruh Media Sosial Terhadap Motivasi Terhadap Siswa. Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Jakarta

Solomon, M. R. (2018). Consumer behavior: Buying, having, and being. Pearson.

Yunita, N. P. (2018). Kondisi Terkini Perkembangan e-Government di Indonesia: Praktik Pemerintah dan Persepsi Publik (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia).

ttps://m.kominfo.go.id/content/detail/30928/siaran-pers-no-149hmkominfo112020-tentang-hasil-survei-indeks-literasi-digital-nasional-2020-akses-internet-makin-terjangkau/0/siaran_pers

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.