Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Ternate

Nadira Toisuta, Adiyana Adam, Agus Agus, Siswandi Wolio, Syahrul Dandi Umasugi

Sari

Pendidikan karakter sangat penting untuk kehidupan bermasyarakat. Sesuai dengan Pasal 3 UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan Permendikbud No. 20 tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter, Pentingnya pendidikan karakter semakin menonjol dalam upaya mencapai tujuan memajukan peradaban suatu bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah manajemen program penguatan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Ternate telah dilaksanakan dengan baik. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Perencanaan program penguatan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Ternate; 2. Organisasi program penguatan pendidikan karakter; dan 3. Pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menyajikan data tentang perilaku atau kata-kata tertulis atau lisan dari subjek. Data dapat dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan.Temuan dari studi tersebut mengindikasikan bahwa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Ternate telah berhasil merancang dan melaksanakan suatu program yang bertujuan meningkatkan karakter pendidikan siswa. Penelitian juga menemukan bahwa tugas-tugas diperbagi sesuai dengan keahlian guru dalam bidangnya masing-masing. Selain itu, implementasi penguatan karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Ternate dikonfirmasi berjalan dengan lancar.          

Kata Kunci : Manejemen, Penguatan, pendidikan, Karakter, Madrasah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Adiyana Adam. Wahdiah. “Analilis Dinamika Perkembangan Kurikulum Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan I 9, no. 6 (2023): 723–35

.

Adiyana Adam.Noviyanti Soleman. “THE PORTRAIT OF ISLAMIC EDUCATION ONLINE LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN MAN 1 TERNATE.” Didaktika Religia: Journal of Islamic Education 10, no. 2 (2022): 295–314.

Sri Ihwani, Adiyana Adam, Asmawati Harun, Nursahna D. Hi. Yahyai. “Analisis Perbandingan Terhadap Hasil Belajar PAI Mahasiswa Lulusan Madrasah Aliyah Dan Sekolah Umum (Studi Komparasi Pada Prodi PAI Fak.Tarbiyah Ilmu Keguruan IAIN Ternate) Sri.” Jurnal Wahana Pendidikan 9, no. 3 (2023): 432–38.

Causo, Firnando. “NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KISAHNABI MUHAMMAD SAW.” (2017).

Dharma Kesuma,et.al Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Farhani, Dea. "Manajemen pendidikan karakter melalui kegiatan kokurikuler keagamaan." Jurnal Isema: Islamic Educational Management 4.2 (2019): 209-220.

Harahap, Nursapia. "Penelitian kualitatif." (2020).

Jailani, M. Syahran. "Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif." IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam 1.2 (2023): 1-9.

Mannan, Audah and Muhammad Nuzul. “Pengantar Studi Aqidah dan Akhlak.” (2011).

Maulida, Maulida. "Teknik Pengumpulan Data Dalam Metodologi Penelitian." Darussalam 21.2 (2020).

Miranda, Mira. “Manajemen Sumber Daya Manusia di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Selatan.” (2019).

Moleong, Lexi J.. “Metodologi penelitian kualitatif / Lexy J. Moleong ; editor Tjun Surjaman.” (1991). Puspitasari, Meila, et al. "Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Drumband Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Gumawang." Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3.1 (2022): 76-83.

Sukmadinata, S. N. "Metode penelitia." Bandung: PT remaja rosdakarya (2005).

Usman, Jamiludin. "Urgensi Manajemen Pembiayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah." TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 11.2 (2016): 219-246.

UU No 20 Tahun 2023 Sistim Pendidikan Nasional

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.