Peran Perempuan Di Media Massa

Zaedun Na’im

Abstract


Media massa Merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam mengiringi kemajuan suatu bangsa, betapa tidak, informasi atau berita terkini perkembangan bangsa ini bisa diperoleh dari media massa seperti situasi perpolitikan di negeri ini, keadaan ekonomi, Perkembangan pendidikan dan lain sebagainya. Hal itu menuntut adanya pemberitaan yang objektif oleh media massa sehingga tidak menimbulkan kerancuan dan kegaduhan. Itu pula ketika memberitakan berkenaan dengan kaum hawa atau perempuan. Hal itu disebabkan masih adanya image bahwa pemberitaan perihal perempuan dikonotasikan sebagai objek atau diskriminasi perempuan, seperti berita korban pelecehan seksual, tindak asusila dan sebagainya. Padahal sisi positif lainnya dari sosok perempuan banyak yang belum digali pemberitaannya seperti karier suskes seorang perempuan, pretasi dalam pendidikan, dan lain sebagainya. Tulisan ini diangkat dengan tujuan agar memberikan gambaran bagaimana optimalisasi peran perempuan dalam mengisi atau menghiasi pemberitaan di media massa dengan hal-hal yang positif, yang akan menjadikan sosok perempuan menjadi terangkat derajatnya dan tidak menjadi objek diskriminasi. Dalam telaah ini penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi pustaka atau library research dan bersifat deskriptif, dimana penulis ingin mengungkap lebih dalam bagaimana peran perempuan di media massa. Hasil dari telaah ini adalah peran perempuan di media massa menggunakan beberapa cara, yakni pertama, menunjukan prestasi diri, kedua, lebih menjaga marwah seorang perempuan, dan ketiga memberi edukasi


Keywords


peran, perempuan, media massa

Full Text:

PDF

References


Anas, S. H. (2013). EKSPLOITASI PEREMPUAN DI MEDIA MASSA. YIN YANG, 8(2), 32–46.

Gani, R. (2005). Media Massa dalam Masyarakat Madani. Mediator: Jurnal Komunikasi, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.29313/mediator.v6i1.1174

Syafrini, D. (2014). PEREMPUAN DALAM JERATAN EKSPLOITASI MEDIA MASSA. Humanus, XIII(1), 20–27.

Syam, N. K. (2006). Sistem Media Massa Indonesia di Era Reformasi: Perspektif Teori Normatif Media Massa. Mediator: Jurnal Komunikasi, 7(1), 71–76. https://doi.org/10.29313/mediator.v7i1.1224

Syarifuddin, A. (2017). Peran Strategis Kaum Perempuan dalam Mewujudkan Masyarakat Religi. An Nisa’a, 12(1), 21–32.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/al-wardah.v15i2.650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama



  

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.