Komunikasi Visual : Representasi Norma Kesopanan Perempuan Indonesia

Enang Yusuf Nurjaman

Abstract


Media sosial merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat dewasa ini, semua orang bisa menjadi content creator dengan berbagai macam konten termasuk tayangan prank falsenya Angga Candra, seorang youtuber dengan 2,4 juta subscriber, dalam aksi pranknya sebagian besar  korbannya adalah perempuan, respon perempuan Indonesia ketika menjadi korban prank berkaitan dengan norma kesopanan yang dimiliki oleh perempuan yang bisa dijadikan sebagai representasi perempuan Indonesia. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data penelitian ini dengan mengumpulkan screen shoot dari kumpulan adegan pada video episode Prank Taxi Online!! Cewe Berhijab Ini Sebel-Sebel Gemes & Hampir Baper Beneranpada channel Youtube Angga Candra. Penelitian ini menggunakan analisis teori semiotika dari Roland Barthes yang dikenal dengan Two Orders of Signification teori ini adalah ide tentang dua tatanan signifikansi yaitu denotasi dan konotasi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka ditemukan representasi kesopanan perempuan Indonesia yaitu; menjaga dirin, ramah, humble, sopan, mengapresiasi dan menghargai prestasi seseorang, bersikap kooperatif, terbuka dan bersikap positif.


Keywords


Norma Kesopanan, Perempuan Indonesia, Prank

Full Text:

PDF PDF

References


Barthes, Roland. 2007. Membedah Mitos-Mitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosilogi Tanda, Simbol dan Representasi. Yogyakarta : Jalasutra.

Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi, Cet Ke-3. Jakarta: Kencana.

D. Reese, Stephen. 1991. Setting the Media’s Agenda: A Power Balance Perspective. Baverly Hills: Sage.

Frenda, Madiana, Yentin. 2017. Media sosial dan Hiperrealitas Hary Tanoesoedibjo Sebagai Politikus Religius Islam (Studi Deskriptif Pencitraan Hary Tanoesoedibjo Di Fanepage Facebook Perindo). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan kalijaga.

J Shoemaker, Pamela dan D. Reese Stephen. 1996. Mediating The Message. New York. Logman Publisher.

Pratiwi, Ardhina. 2018. Representasi Citra Politik Hary Tanoesoedibjo (Studi Semiotika Roland Barthes Dalam Video Mars Partai) Profetik Jurnal Komunikasi.

Thomassen, Lasse. 2017. “Poststructuralism and Representation.” Political Studies Review 15 (4): 539–50. https://doi.org/10.1177/1478929917712932.

Usman, Abdrurahman. Uma, Siti Rahia. 2019. Peran Perempuan Dalam Pembangunan Ekonomi Di Kota Ternate”. Jurnal Al-Wardah. Volume 13. No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/al-wardah.v13i2.213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 AL-WARDAH



  

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.