DINAMIKA HIDUP SINGLE MOTHER (Perspektif Qashash Alqur’an)

Muhammad Amri

Abstract


Alqur’an adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah swt. melalui Nabi Muhammad saw. sebagai petunjuk bagi segenap umat manusia. Segala problem umat manusia, sedianya mendapatkan perhatian oleh ayat-ayat Allah swt. meskipun demikian Alqur’an bukan sebuah ensiklopedi yang memuat segala aspek kehidupan. Satu fenomena nyata kehidupan, adanya single mother yang berusaha bertahan menopang kelanjutan hidup sambil memelihara anak serta keluarga dalam waktu yang sama. Ketika Alqur’an menyinggung serangkaian kisah-kisah masa lalu dengan ragam latar belakang manusia. Sejauh manakah Alqur’an melirik single mother dalam uraian kisah-kisahnya?.Studi ini merupakan penelitian pustaka dengan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah tinjauan Qashash Alqur’an. Berdasarkan observasi menyeluruh terhadap seluruh kisah Alqur’an, selanjutnya melakukan pemilahan dan pengolahan data hingga kemudian fase perumusan hasil penelitian. nPenelusuran ini menghasilkan sebuah gambaran bahwa potret single mother dalam rangkaian qashash Alqur’an tercermin pada tiga kisah yaitu Maryam Ibu Nabi Isa as. pada QS. Maryam {19} : 16-25., Ibu Nabi Musa as. pada QS. Al-Qashash {26} : 7-13 , dan Hajar Ibu Nabi Ismail as. pada QS. Ibrahim {14} : 37-38 . Ragam dinamika hidup single mother yang dapat disarikan dari uraian kisah terangkum dalam tiga poin : pertama, rentan terhadap stigma buruk masyarakat; kedua, terjepit dalam kondisi sekitar yang buruk; dan ketiga, memendam masalah dan menanggung beban sendiri.


Keywords


single mother, qashash alqur’an, dinamika hidup

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alqur’an al-Karim

Abu ‘Aziz, Sa’ad Yusuf. (2004) ,Qashash Alqur’an (Durus wa ‘Ibar (Cet. II) Cairo; Dar al-Fajr li al-turats.

Ibn Katsir, Al-Hafidz ‘Imad al-Din Abi al-Fida’ Isma’il Ibn Umar, Tahqiq ‘Abdullah ibn ‘Abd al-Muhsin al-Turki, al-Bidayah wa al-Nihayah, Juz I (t.t; Dar al-Hijr, t.th)

Shihab, M. Quraish, (2016) Tafsir al-Misbah : pesan, dan keserasian Al-Qur’an, (Edisi revisi Cet. I), Juz 2. Tangerang : PT. Lentera Hati.

Terjemah Alqur’an Digital

Wajdi, Muhammad Farid (1971), Da’irat al-Ma’arif al-qarn al-‘Isyrun, (Cet. III) Juz VIII. Beirut Libanon; Dar al-Fikr.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/al-wardah.v13i1.157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 AL-WARDAH



  

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.