Metode Tafsir Aminah Wadud Untuk Pemberdayaan Perempuan Dalam Ekonomi

Syaifuddin Syaifuddin

Abstract


Studi Ekonomi pada masyarakat bertumpu pada entitas keluarga sebagai unit terkecil. Tujuan dari sebuah sistem ekonomi berorientasi pada falah atau kesejahteraan individu. Karena individu sebagai tujuan ahir dari kesejahteraan maka ketimpangan ekonomi berdasarkan gender pasti terjadi dalam masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah menafsir ulang keadilan ekonomi untuk pemberdayaan ekonomi perempuan melalui metode tafsir Aminah Wadud.Amina Wadud dalam kajiannya mengungkapkan masalah ketimpangan pemaknaan atau penafsiran ayat-ayat perempuan dan produk fiqh. Dilanjutkan dengan penjelasan fenomena relasi fungsional laki-laki dan perempuan dengan budaya partiarki yang berpengaruh pada penafsiran. Kemudian  dalam mengkaji atau menganalisis dan memahami sebuah ayat-ayat tentang perempuan, dengan kontek turunnya ayat (histories) yang ada dalam rangka mencari pemahaman yang tepat (komprehenshif). Pada penafsiran metode Aminah Wadud tiga kalimat yang mengalami pemaknaan ulang digunakan sebagai metode analisis terhadap beberapa ayat ekonomi yaitu Islam, tauhid dan taqwa. Pembaruan metode tafsir Aminah Wadud digunakan untuk menyegarkan kembali tafsir yang berkeadilan dalam bidang ekonomi, utamanya untuk pemberdayaan perempuan.Tafsir Aminah wadud yang sangat peduli dengan keadilan gender, terutama untuk perempuan sesuai untuk merekonstruksi sistem ekonomi. Pendekatan tafsir Aminah Wadud juga sangat sesuai dengan pendekatan maqashid syariah dalam merekonstruksi hukum ekonomi syariah. Tafsir Aminah Wadud dan Maqashid Syariah Jasser Audah menyediakan perangkat yang sesuai untuk merekonstruksi hukum ekonomi syariah, untuk tercapainya keadilan ekonomi.


Keywords


Metode, Tafsir, Aminah Wadud, Pemberdayaan, Ekonomi, Perempuan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Taufiq (et.al). (2002). Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, Dinamika Masa Kini. (cet I). Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve.

Abou al-Fadl, Khaled. (2001). Speaking in God’s Name : Islamic Law, Authority, and Women Oxford: Oneworld.

Mosse, Julia Cleves. (1996). Gender dan Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moris, Brian. (2003). Antropologi Agama : Teori-teori Agama Kontemporer, (Imam Khoiri, Penerjemah). Yogyakarta : AK Group.

Wadud, Amina. (1999). Qur’an and Women, Rereading the Sacred Text from a Women Perspective. Oxford: Oneworld University Press.

Wadud, Amina. (2006). Inside Gender Jihad, Women’s Reform in Islam. Oxford: Oneworld Publication.

http://ms.wikipedia.org/wiki/Amina_Wadud. Diakses tanggal 3 Nopember 2013.

http://nurulzainab.blogspot.com/2012/02/pemikiran-feminisme-amina-wadud-tafsir.html diakses tanggal 3 Agustus 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/al-wardah.v13i1.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 AL-WARDAH



  

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.