PERAN PEREMPUAN DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Ayu Maryam, Ghea Azzura, Zulia Rahma, Taufik Maulana

Abstract


Perempuan menurut sudut pandang Islam,bagaimana kedudukan perempuan dalamkehidupan sosial dan apa saja aspek-aspek kodrati manusia, selain itu permasalahan lain yang menjadi pertanyaan adalah seberapa urgensi pendidikan anak usia dini dan peran perempuan dalam pendidikan anak usia dini, namun semua permasalahan diatas dapat terjawab dengan ajaran Islam karena dalam agama Islam Allah SWT sudah mengatur setiap qodrat manusia, metode penelitian yang digunakan dalam jurnal ini adalah studi pustaka (library research) yaitu metode dengan pengumpulan data dengan cara memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang berhubungan dengan penelitian tersebut, Islam merupakan agama yang sempurna dalam memposisikan keberadaan perempuan muslimah, menurut perkembangan agama Islam sudah sangat indah mendokumentasikan dukungan kepada perempuan muslim, Al-qur’an banyak menjelaskan peran perempuan sebagai seorang ibu dalam keluarga, seperti dalam, al- qur’an termuat dalam surat an-nisa namun sayang permasalahan yang berkaitan dengan gender serta jenis kelamin masih sering menjadi isu yang sering diangkat belakangan ini namun jika kita melihat dari sudut pandang kodrat manusia itu sendiri setiap manusia mempunyai perannya masing-masing serta perbedaan yang signifikan antara laki-laki dan perempuan, pada kenyataanya dalam pendidikan anak usia dini perempuan mempunyai peran yang luar biasa penting karena mereka adalah madrasah pertama untuk anak- anaknya, pendidikan yang diberikan adalah semenjak dalam kandungan hingga mereka  kembali kepada sang pencipta ketika perempuan terlibat aktif dalam pendidikan anak usia dini mereka dapat menciptakan ikatan emosional yang kuat dengan anak-anak dan memberikan rasa nyaman serta dukungan esensial untuk perkembangan psikologis yang sehat, melalui peran ini perempuan bukan hanya menjadi pendidik, tetapi juga menjadi pembimbing yang meaminkan peranan dalam membentuk fondasi yang kokoh bagi masa depan generasi mendatang.


Keywords


Perempuan, pendidikan, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Adinugraha, Hendri Hermawan, Asep Suraya Maulana, dan Mila Sartika. “Kewenangan

Dan Kedudukan Perempuan Dalam Perspektif Gender: Suatu Analisis

Tinjauan Historis.” Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender 17, no. 1

(30 Juni 2018): 42. https://doi.org/10.24014/marwah.v17i1.4515.

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, dan Sauda

Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka,” 2022.

Bertomeu, Jeremy. “Diagnostics to Evaluate Cost of Capital Measures. Discussion of

Christodoulou et al .” Abacus 52, no. 1 (Maret 2016): 211–19.

https://doi.org/10.1111/abac.12074.

Nawir, H Nazaruddin, S Kom, dan Dewan Redaksi. “Sekretaris Redaksi :,” t.t.

Sidiq, Umar. “Urgensi Pendidikan pada Anak Usia Dini.” Insania : Jurnal Pemikiran

Alternatif Kependidikan 16, no. 2 (27 Mei 2018): 255–68.

https://doi.org/10.24090/insania.v16i2.1591.

Wardana, Wardana. “Perempuan Dan Pendidikan Anak Usia Dini.” AN-NISA 10, no. 1 (26

Juli 2019): 51–66. https://doi.org/10.30863/annisa.v10i1.384.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/al-wardah.v18i2.1482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ayu Maryam, Ghea Azzura, Zulia Rahma, Taufik Maulana



  

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.