KONSEP DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

MARWAN SYABAN

Abstract


Manajemen pendidikan Islam proses pemanfaatan semua sumber daya melalui bantuan orang lain dan bekerjasama dengannya, agar tujuan bersama bisa dicapai secara efektif, efesien, dan produktip. Sedangkan Pendidikan Islam merupakan proses transinternalisasi nilai-nilai Islam kepada peserta didik sebagai bekal untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan di dunia dan di akhirat. Tujuan manajemen pendidikan Islam adalah bahwa segala hal dan proses-proses yang berlangsung dapat benar-benar dikelola dengan baik sehingga proses pendidikan dapat benar-benar terwujud  sesuai ajaran Islam dan. upaya  pencapaian tujuan pendidikan Islam dapat lebih mudah terwujud. Ruang lingkup praktik manajemen pendidikan Islam meliputi manajemen kelembagaan dan program pendidikan Islam serta aspek spirit Islam melekat pada setiap aktivitas pendidikan. Sedangkan mengenai prinsip manajemen pendidikan Islam setidaknya ada 14, diantaranya; pembagian kerja, kejelasan dalam wewenang dan tanggung jawab, disiplin, kesatuan komando, kesatuan arah, lebih memprioritaskan kepentingan umum/organisasi daripada kepentingan pribadi, pemberian kontra prestasi, sentralisasi, rantai skalar, tertib, pemerataan, stabilitas dalam menjabat, inisiatif, dan semangat kelompok.


Keywords


Aktivitas Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Al-Mu'ajm, Al-Wajiz. Majma'ul-Lughoh al Arrabiyah. Huruf Nuun.

Departemen Agama Republik Indonesia. (2002). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: PT Indah Press.

Daulay, Putra, Haidar. (2004). Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Fatah, N. (2008). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Manaf, H. S. (2001). Pola Manajemen Penyelenggaraan Pondok Pesantren. Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Depag Republik Indonesia.

Marribah, A.D. (1997). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Martoyo, S. (1988). Pengetahuan Dasar Manajemen dan Kepemimpinan. Yogyakarta: BPFE.

Muhaimin. (2010). Manajemen Pendidikan Islam, Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah. Jakarta: Kencana.

Qomar, M. (2008). Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Rivai, V. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siagian, Sodang .P. (1990). Filsafah Administrasi. Jakarta: CV. Masagung.

Soetomo, Hendiat, Sumanto, Wasti. (1982). Pengantar Operasional Administrasi Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Sulistyorini. (2006). Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: elKAF.

Tafsir, A. (2001). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wahjosumidjo. (1987). Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Zuhaerini. (1983). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.

Fastafiqfahmi.blogspot.com/2014/05/pengertian-manajemen-pendidikan-islam.html.

http/www.majalahpendidikan.com/2011/10fungsi-perencanaan-dalammanajemen.html.

https://mpiuika.wordpress.com/2009/10/22/makalah-diskusi-mpi-kelompok-1/.

http://kbbi.web.id/didik : Kamus Besar Bahasa Indonesia.On line.

http://www.alquran-indonesia.com/web/quran/listings/details/17/20.

http://kbbi.web.id/didik. Kamus Besar Bahasa Indonesia. On line.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/al-wardah.v12i2.141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 AL-WARDAH



  

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.