Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Farabi Desa Nusa Ambu

Faradila Hi Ahmad, Puji Dwi Rahayu

Abstract


Kemampuan mengenal angka pada anak usia 5-6 tahun ditinjau dari kemampuan kognitifnya masih belum optimal. Terdapat 10 anak yang kemampuannya masih minim dalam mengenal angka 1-25. Permainan ular tangga merupakan permainan dengan kontes antar pemain yang saling berinteraksi dengan mengikuti aturan yang ada. Permainan ini diberikan kepada anak usia 5-6 tahun guna merangsang berbagai bidang perkembangan seperti kemampuan kognitif yaitu menyebutkan urutan angka, mengenal angka, dan mengenal simbol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Al-Farabi. Dengan metode pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif menekankan analisisnya pada data numerik (angka) yang diolah dengan metode statistik. Dalam penelitian ini, data sampel yang diperoleh 10 anak dimasukkan ke dalam statistik non parametrik karena jumlahnya kurang dari 30 anak. Berdasarkan hasil data Uji Sampel Berpasangan diperoleh sig. 0,004 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh efektif antara pretest dan posttest, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat dikatakan bahwa ada pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Al-Farabi.


Keywords


Permainan Ular Tangga; Kemampuan Kognitif

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.46339/al-wardah.v17i2.1160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama



  

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.