GERAKAN AKTIVIS PEREMPUAN MUSLIM KOTA TERNATE (Studi atas Gerakan Aktivis Perempuan Mahardhika Kota Ternate)

MASWA MALAN

Abstract


Tulisan ini merupakan salah satu studi yang dilakukan penulis untuk mendeskripsikan gerakan aktivis perempuan muslimdi Kota Ternate pada organisasi Perempuan Mahardhika Kota Ternate. Studi ini menjawab dua permasalahan yakni faktor pendorong para aktivis perempuan muslim kota Ternate untuk bergabung dan membentuk organisasi diluar organisasi perempuan Islam yang ada, dan model gerakan sosial yang dibangun oleh aktivis perempuan muslim di kota Ternate. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa secara umum, terdapat dua faktor yang mendorong para aktivis perempuan muslim yang tergabung dalam organisasi Perempuan Mahardika kota Ternate yakni,faktor pertama mereka menganggap organisasi-organisasi perempuan Islam yang ada belum terlalu massif dalam memperjuangkan keadilan dan pembebasan perempuan. Selain itu bagi mereka, penindasan terhadap kaum perempuan berakar pada sistem kapitalisme dan patriarki.  Penindasan oleh sistem patriarki ini terjadi dimana-mana, termasuk juga di dalam organisasi perempuan yang berbasis Islam.faktorkedua, untuk membangun massifitas gerakan perempuan yang mempunyai jejaring gerakan perjuangan secara nasional maupun internasional yang independen dalam perjuangan pembebasan perempuan, penegakkan keadilan dan kesetaraan bagi masyarakat tanpa diskriminasi.Sedangkan bentuk gerakan yang dibangun oleh kalangan aktivis perempuan muslim di kota Ternate adalah gerakan yang menggunakan tiga pendekatan yakni; Political Oportunity structure, Resource Mobilization dan Collective Action.


Keywords


Aktivis Perempuan Muslim, Gerakan Sosial,Mahardhika Kota Ternate

Full Text:

 Subscribers Only

References


AM, Thufail. 2007, Memperjuangkan Keadilan Gender: Gerakan Perempuan Menuju Civil Society, dalam buku Perempuan Agama dan Demokrasi, Yogyakarta: LSIP.

Burhanudin Muhtadi,Demokrasi Zonder Toleransi Potret Islam Pasca Orde Baru (Makalah, disampaikan dalam diskusi Komunitas Salihara pada Januari 2011)

Fakih,Mansour. 1996, Analisis Gender dan Transformasi Sosial,Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Innas Rizky Afria, Feminisme Radikal, (http://www.scribd.com/doc/74024284/Teori-Feminisme-Radikal, diakses tanggal 19 januari 2012

Jackson, Stevi dan Jones, Jackie.(ed), 2009. Pengantar Teori-Teori Feminis Kontemporer, Yogyakarta: Jalasutra.

Lestari, Indah. 2006, Katakan dan Lawan : Bahasa dan Perjuangan Feminisme Dalam Teori Julia Kristeva, dalam Jurnal Perempuan 48.

Ritzer, George dan J. Godman, Douglas. 2004, Teori-Teori Sosiologi Modern, Jakarta : Kencana,

Sarip Hasan, Gender Dalam Dunia Pendidikan, (http://saripuddin.wordpress.com/page/2/, diakses tanggal 19 Januari 2012).

Situmorang, Abdul Wahib. 2007, Gerakan Sosial Studi Kasus Beberapa Perlawanan Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryochondro, Sukanti. 1984 Potret Pergerakan Wanita di Indonesia, Jakarta : Rajawali.

Suharko. 2006, Gerakan Sosial Baru di Indonesia : Repertoar Gerakan Petani, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 10.

Wahyudi, 2005. Formasi dan Struktur Gerakan Sosial Petani Studi Kasus Reklaming/Penjarahan Atas Tanah PTPN (Persero) Kalibakar Malang Selatan, Malang: UMM Pres.

Suharto,Edi. Teori Feminis dan Pekerjaan Sosial (makalah tanpa tahun penerbitan).

Nugroho, Kharisma dan Men Yon, Kwan. Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas di Indonesia Gerakan, Pelembagaan, dan Berkelanjutan (Artikel, November 2011)

Laporan IPO (Ideologi Politik Organisasi) Mahardhika Kota Ternate

http://id.wikipedia.org/wiki/Feminisme (di akses tanggal 17 Januari 2012 Jam 20:15)

http://perempuanmahardhika.blogspot.co.id/2008/09/profil.html#more (akses tanggal 15 Januari 2012)




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/al-wardah.v10i1.10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 AL-WARDAH



  

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.