Efektivitas pembelajaran Daring Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ternate

Enang Yusuf Nurjaman

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk menggali efektifitas pembelajaran daring pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ternate, yang terdampak dari covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  efektivitas pembelajaran yang dihasilkan selama menggunakan pembelajaran daring,  Informan penelitian dipilih secara purposive sampling. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Data penunjang penelitian diperoleh dari analisis dokumen dan wawancara dengan pihak yang relevan dengan masalah pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektifitas pembelajaran tergolong rendah dilihat dari tingkat pemahaman, sikap dan persepsi mahasiswa.

 


Keywords


Pembelajaran Daring, Komunikasi Pembelajaran, Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Adzharuddin, N. A., & Ling, L. H. (2013). Learning management system (LMS) among university students: Does it work. International Journal of e-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 3(3).

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan platform digital di masa pandemi covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 298-303).

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1).

Faliyandra, F. (2020). Model Komunikasi Pendidikan di Sosial Media Pada Era Perkembangan Teknologi. Islam Universalia: International Journal of Islamic Studies and Social Sciences, 1(3).

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3).

Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Penggunaan media online dalam proses kegiatan belajar mengajar pai dimasa pandemi covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) Unars, 8(1), 12-24.

Lubis, W. (2020). Analisis efektivitas belajar pada pembelajaran jarak jauh (pjj) di masa pandemi covid-19. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 132-141.

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49-59Sadikin, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19.

Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi guru di masa pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1).

Usman, U. (2018). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnal Jurnalisa, 4(1).

Wisman, Y. (2017). Komunikasi efektif dalam dunia pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2).

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v7i1.959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Enang Yusuf Nurjaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.