Ahmadiyah Dan Pengaruhnya Di Dunia Barat

Muhammad Iryanto

Abstract


Ahmadiyah dan pengaruhnya di dunia barat, Kajian ini secara khusus mendiskusikan eksisnya Ahmadiyah di dunia barat sampai saat ini, mengingat lahirnya aliran Ahmadiyah tidak bisa lepas dari lingkungan sosial. Perilaku sosial telah membentuk karakter dalam memahami ajaran agama, sehingga melahirkan aliran-aliran keagamaan yang disesuaikan dengan konteks sosial setempat. Oleh sebab itu, tumbuhnya aliran Islam adalah bagian dari interaksi sosial dan ajaran agama yang menjadi khazanah pemikiran teologi Islam, seperti Ahmadiyah. Sebagai sebuah organisasi keagamaan, lahirnya Ahmadiyah tidak jauh berbeda dengan lahirnya Syiah, Sunni dan Khawarij. Mengingat masing-masing sekte memiliki karakter sosial berbeda pada awal kelahirannya, begitu juga Ahmadiyah. secara sosiologis Ahmadiyah adalah potret dari pergulatan Islam di India dengan karakter teologis, pedekatan kajian ini merupakan library research yang bertujuan untuk menganalisa sejarah Ahmadiyah dan pengaruhnya di dunia barat, Mengingat perkembangan Ahmadiyah di dunia barat sangat sedikit literaturnya, Ergo dari ijtihad kajian ini untuk menjawab problem sosial yang terjadi pada Ahmadiyah dalam perkembangan yang selalu menghadapi tekanan.


Keywords


Ahmadiyah, Mirza Ghulam, Dunia Barat

Full Text:

PDF

References


Abdul Hayii Nu’man (2004) ‘Sejarah dan Ajaran-Ajaran Pokok Ahmadiyah’, Jurnal al-Hikmah.

Barakatullah, M. S. bin (2014) Penjelasan Ahmadiyah: Jawaban Terhadap Berbagai Tuduhan dalam Buku: Al-Qadaniyah, Musang Berbulu Ayam, dan Perisai Orang Beriman. Jakarta: Neratja Press.

Hussain, S., Khan, Z. and Muhammad, N. (2017) ‘Population dynamic of Aphis gossypii and Its associated ladybird beetle on sunflower genotypes at Swabi district’, 5(4), pp. 1840–1843.

Jones, G. N. (1986) ‘The Ahmadis of Islam: a Mormon encounter and perspective’, Dialogue: A Journal of Mormon Thought, 19(2), pp. 39–54.

Mirza Ghulam Ahmad. 2016. Filsafat Ajaran Islam. Jakarta: Neratja Press.

Muhtador, M. (2018) ‘AHMADIYAH DALAM LINGKAR TEOLOGI ISLAM (Analisis Sosial atas Sejarah Munculnya Ahmadiyah)’, Aqlam: Journal of Islam and Plurality, 3(1). doi: 10.30984/ajip.v3i1.630.

Purwanto, S. A. (2011) ‘Information & Communication Technology ( ICT ) and the Challenge of Multicultural Society : Some Cases of Internet ‐ facilitated Interaction in Indonesia’, OMNES : The Journal of Multicultural Society, 2(2), pp. 1–21.

Rahim, A. A. and Muhammad, S. (2021) ‘Revival of Islamic Civilization : Strategies for the Development of Muslim Society in the Thought of Abul Hasan Ali Nadwi Kebangkitan Tamadun Islam : Strategi Pembangunan Masyarakat Islam dalam Pemikiran Abul Hasan Ali Nadwi Abstrak Revival of Islamic Civ’, 18(3).

Terlupa, S. Y. (2020) ‘SISI YANG TERLUPA : Peran Historis Ahmadiyah Dalam Wacana Gerakan Modernisasi Islam Di Indonesia Ismatu Ropi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta / PPIM UIN Jakarta Abstrak A . Pendahuluan Dibanding dengan studi dan penelitian lain yang menyangkut gerakan dan ’, 15(2), pp. 211–236.

yofialdi (2012) Pluralisme dan Keberadaan Ahmadiyah di Pedesaan Jawa. Bogor: Sekolah Pascasarjana institut Pertanian Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v8i2.946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Iryanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.