Muhamad Iqbal Dalam Konstribusi Pemikiran Dan Pembahuruan Islam Di India-Pakistan

Bujuna Al-Haddad

Abstract


Muhammad Iqbal dalam pemikiran  nya banyak terdapat hal hal yang mujadid untuk kawasan India pada saat itu salah satunya ide terbesarnya adalah bagaiamana membangun negara islam di india. Pemahaman sentral Iqbal atas persaamaan dan persaudaraan membuahkan satu gagasan penting yakni adalah cita cita politik yang paling penditng dalam islam, oleh karnya bentuk pemerinahan memungkinkan adanya kebebsasan bagi manusia untuk melesatrikan segala kemungkinan dalam ketentuan nya , dengan membatasi kebebasannya hanya demi kepentingan masyarakat. Keberhasilan sebuah gagsasn demokrasi tergantung pada kesediaan masyarakat yang harus tunduk dan patuh pada aturan ilahi. Demi mewujudkan niat tersebut menurt Iqbal di butuhkan seorang pemimpin besar dan berjiwa besar


Keywords


Konstribusi pemikiran, M, Iqbal dan Indi-Pakistan

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A., & Rifai, A. B. (2019). Perkembangan Pemikiran Konsep Pendidikan Diri Dalam Perspektif Tasawuf Muhammad Iqbal. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 16(1), 135-158.

Almunawwarah, Audina. (2018). Muhammad Iqbal (Kajian Historis Terhadap Peranannya dalam Pembentukan Negara Pakistan). Diss. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Amrullah, Z. (2021). Gerakan Aligarh Di India (Refleksi Historis Gerakan Modernisme Pendidikan Sayyid Ahmad Khan). TaLimuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 40-51.

Apriana, Apriana. (2008). Konsep Negara Islam Muhammad Iqbal (Studi Atas Pemikiran dan Kontribusinya Terhadap Pembentukan Negara Pakistan). Diss. UIN Raden Fatah Palembang.

Ali, Mukti. (1993). Alam Pikiran Islam Modern di India dan Pakistan. Bandung: Mizan.

Akmal, Hawi. (2016). Muhammad Iqbal dan Ide-Ide Pemikiran Politiknya. Madania: Jurnal Kajian Keislaman 20.2 : 241-250.

Bistara, R. B. (2020). Dimensi Feminisme Dalam Pembaharuan Islam: Menilik Pemikiran Muhammad Iqbal. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 19(1), 30-58.

Budiyanto, T. (2020). Hermeneutika Hadist: Studi Pemikiran Muhammad Iqbal. Khulasah: Islamic Studies Journal, 2(1).

Hendri, K.(2015). Pemikiran Muhammad Iqbal dan Pengaruhnya Terhadap Pembaruan Hukum Islam. Al-'Adalah 12.1 (2015): 611-622.

Ihsani, M. I. (2021). Konsep Peserta Didik dalam Pendidikan Agama Islam: Pemikiran Muhammad Iqbal. Jurnal Basicedu, 5(6), 6177-6184.

Iqbal, Mohmmad. (1982). The Reconstruction of Religius Thought in Islam, terj M. Ashraf. Lahore: Pakistan.

Lee, D Robert. (2000). Mencari Islam Autentik : Dari Nalar Puitis Iqbal hinga Nalar Kritis Arkoun, terj. Ahmad Baiquni. Bandung: Mizan. Cet. ke-I.

Masluhah, M., Afifah, K. R., & Salik, M. (2021). Pemikiran Muhammad Iqbal Tentang Pendidikan Karakter Dan Relevansinya Dengan Era Disrupsi. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 317-338.

Muhammad, Mukti. (2009). Dasar-dasar Pendidikan Islam Modern dalam Filsafat Iqbal. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan: Insania, Vol. 14, No. 2.

Noorzeha, F. (2019). Pemikiran Sir Sayyid Ahmad Khan “Pembaharuan di India” Relevansinya dengan Ideologi Islam Puritan, Moderat dan Sinkretisme dalam Masyarakat. Sophia Dharma: Jurnal Filsafat, Agama Hindu, Dan Masyarakat, 2(1), 62-77.

Nugroho, I. S. (2019). Pembentukan Negara Islam Pakistan: Tinjauan Historis Peran Ali Jinah. Jurnal Studi Al-Qur'an, 15(2), 201-218.

Puspika, Herllini, Sari,. (2020). Muhammad Iqbal’s Thoughts On Reconstructionism In Islamic Education. Jurnal Al Fikra 19, No. 01: 129–143.

Qoharuddin, M. A. (2019). Modernisasi Umat Islam India: Studi Pemikiran Amir Ali Dan Akhmad Khan. El-Faqih: Jurnal Pemikiran dan Hukum Islam, 5(2), 82-97.

Rosichin, Mansur. (2015). Muhammad Iqbal (Sejarah dan Pemikiran Teologisnya). JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi 13.1: 68-75.

Rosyadi, I. (2021). Sayyid Jamaluddin Al-Afghani: Pergerakan dan Pemikirannya Bagi Dunia Islam. Al Qalam, 9(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v8i1.780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TADABBUR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.