Mutlak dan Muqayyad

Niila Khoiru Amalia, Fahima Abd. Gani

Abstract


 

Artikel ini membahas tentang mutlak dan muqayyad dalam Ulum al-Qur’an. Dengan metode deskriptif analitis, artikel ini mendapatkan hasil bahwa Mutlak  adalah lafadz yang menunjukkan kepada suatu yang maknanya tidak terikat oleh batasan tertentu dan Muqayyad adalah suatu lafadz yang menunjukkan hakikat sesuatu yang dibatasi dengan suatu pembatasan yang mempersempit keluasan maknanya. Bentuk-bentuk dalam menghadapi mutlak dan muqayyad adalah :1) Jika hukum dan sebabnya sama, lafadz mutlak dibawa kepada muqayyad. 2) Jika hukum dan sebabnya berbeda, ulama sepakat masing-masing lafadz tetap pada statusnya masing-masing, 3) Jika hukumnya berbeda dan sebabnya sama, ulama sepakat tidak boleh membawa lafadz mutlak kepada muqayyad. Masing-masing tetap berlaku pada kemutlakan dan kemuqayyadannya. 4) Kemutlakan dan kemuqayyadan terdapat pada sebab hukum, namun masalah dan hukumnya sama, ulama tidak sepakat dalam hal ini. 5) Mutlak dan muqayyad terdapat pada nash yang sama hukumnya namun sebabnya berbeda, ulama tidak sepakat dalam menyikapinya. 


Keywords


Mutlak, muqayyad, makna.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Ibn Badr al-Din Muhammad Ibn Bahadur. (2000). Bahrul Muhith fi Ushul al-Fiqh.Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

Al-Akk, Khalid Abdurrahman. (1986). Ushul al-Tafsir wa Qawa’iduhu. Beirut: Dar al-Nafais.

Al-Amidi, Saif al-Din Abi al-Hasan Ali. (1967). Al-Ahkam fi Ushul al-Ahkam. Kairo: Muassasah al-Halabi.

Al-Asqalani, Ibnu Hajar. Syarah hadis Bukhari juz III

Al-Farnisan, Suud bin Abdillah. (1997). Ikhtilaf al-Mufassirin Asbabuhu wa Astaruhu. Riyadh: Markaz al-Dirasat wa al-I’lam.

Al-Ibrahim, Musa Ibrahim. (1996). Buhuts Manhajiyyah fi Ulum al-Qur’an al-Karim. Amman: Dar ‘Ammar.

Al-Maliki, Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakar al-Qurthubi. (2006) Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an wa al-Mubayyin li ma Tadlammanahu min al-Sunnati wa Ayi al-Qur’an. Beirut: Muassasah al-Risalah.

AL-Munawwir, Ahmad Warson. (1997). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif.

Al-Nadwi, Ali Ahmad. (1994). al-Qawaid al-Fiqhiyyah: Mafhumuha, Nasyatuha, Tathawwiruha, Muallafatuha, Adillatuha, Muhimmatuha, Tathbiqatuha. Damaskus: Dar al-Qalam.

Al-Qaththan, Manna’. (t,th). Mabahis fi Ulum al-Qur’an. Riyadl: Mansyurat al-‘Ashr al-Hadis.

Al-Sabt, Khalid Usman. (1421 H). Qawa’id al Tafsir Jam’an wa Dirasatan. Madinah, Dar Ibn Affan.

Al-Shabuni, Ali. (1980). Rawai’ al-Bayan Tafsir Ayati al-Ahkam min al-Qur’an. Damaskus:Maktabah al-Ghazali.

Al-Zarkasyi, Badr al-Din Muhammad bin Abdullah. (1972). Al-Burhan fi ‘Ulum al-Qur’an, Jilid II. Beirut: Dar al-Ma’arif li al-Tiba’ah wa al-Nashr.

Ichwan, M.Nor. (2002). Memahami Bahasa Al-Qur’an; Refleksi atas Persoalan Linguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismardi, (2014). “Kaidah-Kaidah Tafsir Berkaitan dengan Kaidah Ushul Menurut Khaled Usman al-Sabt”, Jurnal Al-Nida :Jurnal Pemikiran Islam, Vol.39, No.1 Januari-Juni 2014.

Khallaf, Abdul Wahhab. (1968). Ilmu Ushul al-Fiqh. Kairo: Maktabah al-Da’wah al-Islamiyah.

Khan, Muhammad Said. (1969). ‘Asr al-Ikhtilaf fi al-Qawa’id al-Ushuliyyah fi Ikhtilaf al-Fuqaha. Kairo: Muassasah al-Risalah.

Ma’louf, Louis. (1986). AL-Munjid fi al-Lughah wa al’A’lam. Beirut: Dar al Masyrik.

Mughniyah, Muhammad Jawad. (1975). ‘Ilm Ushul fi Sanbih al-Jadid. Beirut: Dar al-‘Ilm al-Malayin.

Ramadhan, Khalid. (1997). Mu’jam Ushul al-Fiqh. Mesir: Dar al-Harabisy li al-Dirasah al-Insaniyah.

Saebani, Beni Ahmad.(2009). Ilmu Ushul Fiqh. Bandung: Pustaka Setia.

Syafei, Rahmat. (1999). Ilmu Ushul Fikih. Bandung: Pustaka Setia, 1999

Tasbih, (2013). “Kedudukan dan Fungsi Kaidah-Kaidah Tafsir”, Jurnal Farabi, Vol.10 No.1, 1 Juni.

Zahrah, Muhammad Abu. (tt). Ushul al-Fiqh. tk: Dar al-Fikr al-Arabi, tt

Zaidan, Abdul Karim. (1977). Fi Ushul al-Fiqh. Bagdad: Dar al-Arabiyah li al-Tiba’ah.

Zuhaily, Wahbah. (1986). Ushul al-Fiqh al-Islamy. Damsyiq: Dar al-Fikr.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v9i2.1174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Niila Khoiru Amalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.