Analisis Komunikasi Kelompok Dalam Komunitas Railfans Edan Sepur Indonesia Bandung Raya

Safera Aude Indarto Putra, Adi Permana Sidik

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis komunikasi kelompok dalam komunitas railfans di Indonesia yang berfokus pada Komunitas Edan Sepur Indonesia di wilayah Bandung Raya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses komunikasi kelompok dalam Komunitas Edan Sepur Indonesia dalam berbagi informasi, cara menjaga solidaritas serta kepuasan antar anggota, serta hambatan yang dihadapi oleh Komunitas Edan Sepur Indonesia baik dalam melakukan komunkasi maupun kegiatan yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan untuk memperoleh data, penelitian ini dilakukan melalui penelitian lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara tiga anggota komunitas ditambah dengan satu informan dari masyarakat umum. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses komunikasi dan berbagi informasi, anggota Komunitas Edan Sepur Indonesia berbagi informasi antar anggota melalui grup pada media sosial. Sedangkan secara tatap muka dapat dilakukan ketika briefing maupun saat kegiatan. Solidaritas antar anggota dijaga dengan rutin mengadakan “kopi darat” secara tatap muka langsung untuk saling bercengkrama dan berbagi wawasan. Kepuasan anggota karena kecintaan atau hobi dengan perkeretaapian dapat tersalurkan dengan kegiatan postif. Sedangkan dari masyarakat umum dinilai dapat memberikan edukasi. Hanya saja terkadang terkadang terdapat kesalahpahaman penyampaian pesan ketika kegiatan dan mendapatakan beberapa penolakan oleh beberapa masayarakat pelanggar hingga menimbulkan perdebatan.


Keywords


Komunikasi Kelompok, Komunitas Railfans Indonesia, Edan Sepur

Full Text:

PDF

References


Aw, S. (2018). Komunikasi Organisasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Effendy, O. U. (1993). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Harmaini, d. (2016). Psikologi Kelompok Integrasi Psikologi dan Islam. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Herlambang, S. (2014). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Jon Sabrino, J. H. (1989). Teologi Solidaritas. Yogyakarta: Kanisius.

Kriyantono, R. (2019). Pengantar Lengkap Ilmu Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Muhammad, A. (2002). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyana, D. (2002). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Robert, K. (2012). Studi Kasus Desain & Metode. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Jurnal dan Skripsi:

Adiratna Novitha, Suzka (2017). Strategi Komunikasi Komunitas KRDE Dalam Membangun Kepercayaan PT Kereta Api Indonesia Untuk Mendapatkan Informasi pelayanan Publik. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Anshorie, A. (2015). Peranan Komunikasi Kelompok Dalam Menciptakan Keharmonisan Antar Anggota Komunitas Pengajian Barokah Sekumpul Mushola Ar-Raudah Loa Bakung Samarinda. eJournal Komunikasi, 365-366.

Ari Dayanti, Widi (2019). Pola Komunikasi Organisasi Motor Classic Dalam Program Kepedulian Terhadap Masyarakat (Studi: di Kabupaten Kuantan Singingi). Riau: Universitas Islam Riau.

Asher Martandry, Punindra (2019). Pendekatan Komunitas NET Good People Semarang Dalam Pembentukan Citra “Televisi Masa Kini” NET TV. Semarang: Universitas Semarang.

Endah Ratnawaty Chotim, S. U. (2018). Komunitas Anak Punk dan Anomali Sosial (Studi Kasus di Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung). JISPO, 76-77.

Fazrie I, Choerul (2019). Komunikasi Komunitas Reptil Bandung (Studi Kasus Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Reptil Di Kota Bandung). Bandung: Universitas Sangga Buana YPKP Bandung.

Hibatul Wafi, Abdi (2022). Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Seni Garasi Indie Kota Binjai. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Nurhanifah, M. Y. (2022). Sistem Komunikasi Kelompok. Jurnal Guru Kita, 151-152.

Prischa Cornelia Banunaek, L. D. (2021). Pengalaman Komunikasi Kelompok (Kajian Fenomenologi pada Kelompok Pemuda Jemaat Pniel Sikumana). Jurnal Communio : Jurnal Ilmu Komunikasi, 160.

Puspita Tutiasri, R. (2016). Komunikasi Dalam Komunikasi Kelompok. Channel : Jurnal Komunikasi, 84.

Rizki Pradana, Moh (2022). Pola Komunikasi Kelompok Pada Bikers Sunmori Di Yogyakarta (Studi Deskriptif Atas Bikers Sunmori Di Kota Yogyakarta). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Yusuf, Viencent Moerghasini (2017). Komunikasi Kelompok Teamfun dalam Bermain Poinblank (PB). Riau: Universitas Islam Riau.

Browsing/ Internet:

Aiman, A. (2018, August 29). Kompasiana. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/aldie39983/5b861a6fab12ae2d8e4fe7f2/railfans-hobi-eksentrik-tapi-disegani

DJKA. (2023, June 19). Sejarah Perkeretaapian Indonesia. Retrieved from https://djka.dephub.go.id/sejarah-perkeretaapian-indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v9i2.1170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Safera Aude Indarto Putra, Adi Permana Sidik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.