Konsep Diri Mahasiswa Perantauan (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Ternate Dari Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara)

Hasdayanti Hasdayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah konsep diri mahasiswa perantauan asal Pulau Taliabu yang studi di IAIN Ternate, Provinsi Maluku Utara. Teori konsep diri yang dikemukakan oleh Jalaluddin Rakhmat dalam penelitian ini meliputi pandangan dan perasaan, persepsi psikologi, persepsi sosial, dan persepsi psikis. Metode Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan informan berjumlah 10 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Pulau Taliabu untuk pertama kali datang ke kota Ternate merasa minder dalam berinteraksi dengan mahasiswa di dalam maupun di luar kelas, namun seiring berjalannya waktu mereka merasa optimis dan dapat berbaur dengan mahasiswa yang lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep diri memengang peranan penting, dalam cepat atau tidaknya seseorang beradaptasi di lingkungan dengan kebudayaan yang berbeda, dengan memiliki konsep diri yang baik akan mempermudah hubungan komunikasi yang menjadi salah satu dalam adaptasi budaya.


Keywords


Konsep Diri, Mahasiswa Perantauan, Komunikasi Antarpribadi

Full Text:

PDF

References


Ardial, H. (2022). Paradigma dan model penelitian komunikasi. Bumi Aksara.

Asfira, E. (2017). Culture Shock Experienced by Foreigners in Makassar City.

Astuti, F., & Ds, T. N. E. (2016). Resiliensi pada mahasiswa tahun pertama program kelas karyawan ditinjau dari konsep. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu di Era Revolusi Informasi, 10.

Atmojo, B. S. R., & Purbaningrum, M. A. (2021). Literature Review: Penerapan Latihan Kemampuan Positif Terhadap Peningkatan Harga Diri Rendah Pada Klien Yang Mengalami Skizofrenia Dengan Gangguan Konsep Diri Harga Diri Rendah. Nursing Science Journal (NSJ), 2(1), 55-62.

Bisri, K., Nikmah, F., Nofiyanto, P., & Nurfadila, A. (2022, August). Culture Shock Dan Adaptasi Mahasiswa Asing Studi Pada Mahasiswa Thailand Jurusan Pai Uin Walisongo Semarang. In Proceeding Annual Conference On Islamic Education (Vol. 2, No. 1).

DeVito, J. A. (2019). The interpersonal communication book. Instructor, 1, 18.

Febrianty, Y., Octisa, A. R., Fuadi, M. A., Dibrata, A. D., & Nastain, M. (2022). Pengaruh Culture Shock Terhadap Kehidupan Sosial Mahasiswa Rantau Di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 2(3), 346-350.

Furnham, A. (2002). The experience of being an overseas student. In Overseas students in higher education (pp. 25-41). Routledge.

Nurjaman, E. Y. (2021). Efektivitas pembelajaran Daring Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ternate. Al-Tadabbur, 7(1), 149-165.

Nurjaman, E. Y. (2021). Pola Komunikasi Masyarakat Sunda di Perantauan. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 11.

Nurjaman, E. (2020). DINAMIKA INTERAKSI SOSIAL PADA PAGUYUBAN PASUNDAN DI KOTA TERNATE. Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 15(1), 67-80. doi:10.24239/al-mishbah.Vol15.Iss1.151

Rusyidiyani, H. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Yang Merantau Di Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Sigalingging, A. J. A., & Idaman, N. (2023). Culture Shock In Intercultural Communication Between Foreign Students In Jakarta. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 7(2), 68-78.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Ward, C., Bochner, S., & Furnham, A. (2020). Psychology culture shock. Routledge.

Widiawati, N. (2020). Metodologi Penelitian: Komunikasi dan Penyiaran Islam. Edu Publisher.

Yusuf, Rini Novianti, Vina Febiani Musyadad, Yogha Zulvian Iskandar, and Diah Widiawati. "Implikasi asumsi konsep diri dalam pembelajaran orang dewasa." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 4 (2021): 1144-1151.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v9i1.1127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hasdayanti Hasdayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.